Secara Virtual, Bupati Natuna Hadiri Pencanangan Vaksinasi Dosis Ke-III Bagi Nakes Kepri


Secara Virtual, Bupati Natuna Hadiri Pencanangan Vaksinasi Dosis Ke-III Bagi Nakes Kepri

Kwarta5.com Natuna,-Pencanangan Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga booster bagi tenaga kesehatan telah dimulai, pada Senin (9/8). Program Vaksinasi Dosis Ketiga bagi Tenaga Kesehatan se-Kepri dilaksanakan di Rumah Sakit (RS) Hj. Bunda Halimah Kota Batam. 

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyaksikan langsung penyuntikan perdana vaksin ketiga Moderna kepada tenaga medis yang penyuntikan pertama diberikan kepada Direktur RS Hj. Bunda Halimah, dr. Ibrahim. 

Bupati Natuna, Wan Siswandi hadir secara virtual bersama Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Natuna, Wan Aris Munandar serta didampingi oleh Pj. Sekda dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna. 

Gubernur Kepri menyebutkan bahwa pemberian vaksin dosis ketiga ini mempertimbangkan masih banyaknya nakes yang terpapar Covid-19 kendati telah memperoleh vaksinasi dosis kedua. 

"Selain itu, penyebaran Covid-19 juga masih meluas di seluruh provinsi, maka dari itu diperlukan intervensi vaksinasi dosis ketiga bagi para SDM kesehatan yang berhadapan dengan risiko tinggi terpapar Covid-19". Kata Ansar dalam sambutannya. 

Vaksinasi dosis ketiga bagi nakes ini juga telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor HK 02.01/11919/2021 tentang vaksinasi dosis ketiga bagi seluruh tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan. 

"Seluruh tenaga kesehatan, baik yang bekerja di rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta berhak mendapatkan vaksin booster ini," ujar Ansar. 

Adapun vaksin dosis ketiga Moderna untuk nakes sudah didistribusikan ke beberapa rumah sakit di Kabupaten/Kota se-Kepri dengan rincian alokasi sebagai berikut : 

Pada tanggal 6 Agustus 2021, Kota Tanjungpinang menerima 80 vial dengan sasaran 1.120 nakes; Kabupaten Bintan menerima 46 vial dengan sasaran 644 nakes; Kabupaten Lingga menerima 61 vial dengan sasaran 854 nakes; Kabupaten Natuna menerima 70 vial dengan sasaran 980 nakes; Kabupaten Anambas menerima 47 vial dengan sasaran 658 nakes. 

Kemudian pada tanggal 7 Agustus 2021, Kota Batam menerima 410 vial dengan sasaran 5.740 nakes; dan Kabupaten Karimun menerima 109 vial dengan sasaran 1.560 nakes. 

"Sehingga total nakes yang akan divaksin dosis ketiga kali ini adalah 11.556 nakes," jelas Ansar.  

Pada kesempatan pencanangan Vaksinasi Dosis Ketiga di RS Hj. Bunda Halimah, ke-76 nakes yang akan divaksin perdana berasal dari instansi TNI/Polri sebanyak 10 nakes,  21 orang perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), 5 nakes dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), 5 nakes dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), 10 nakes dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), 10 nakes dari Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATEKI), 10 nakes dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan 5 nakes dari Perhimpunan Radiografer Indonesia.(Ilham)

Lebih baru Lebih lama