Panen padi di Desa Sungai Besar Menggunakan Mesin Combine

Panen padi di Desa Sungai Besar Menggunakan Mesin Combine

Kwarta5.com Lingga,-  Panen padi di sawah Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, pada selasa lalu (5/1) menggunakan mesin panen padi combine Lahan sebesar 2 hektar tersebut di kerjakan selama 2 hari. 

Hal ini di tanggapi positif oleh petani di Desa Sungai Besar. Menurut jawaruddin salah satu petani Desa Sungai Besar, bahwa adanya bantuan mesin panen padi (combine) tersebut sangat membantu sekali bagi petani yg ada di Desa Sungai Besar, karena biaya panen menjadi berkurang.

“ Combine ini sangat membantu terutama dari segi biaya panen menjadi berkurang sekitar 50%, dan juga mempersingkat waktu panen” tambah Jawaruddin.

“Panen padi baru dilaksanakan di Desa Sungai besar. Petani di desa ini sudah mulai panen, sejak Selasa (5/1) pekan lalu.” Kata Hernowo Ardiantoro selaku Kepala Bidang (Kabid) Pertanian di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Lingga, Selasa (12/1/2021).

Mesin panen padi (combine) tersebut meringankan beban para petani di Desa sungai Besar, karena mesin tersebut langsung menghasilkan gabah sehingga petani hanya tinggal menjemur padi sebelum digiling menjadi beras. 

Petani hanya menanggung biaya dari bahan bakar mesin panen padi (combine) saja operator mesin tersebut akan langsung melakukan memanenkan padi milik petani,  bila ingin melakukan pemanenan menggunakan mesin panen padi tersebut.

Dalam kegiatan panen tersebut gabah yg di hasilkan sekitar 5 ton pada lahan seluas 2 hektar.

Maman.

Lebih baru Lebih lama