Bupati Natuna Jolok Bola Ke Pusat Untuk Memperkuat SDM Perikanan Dan Kelautan


Bupati Natuna Jolok Bola Ke Pusat Untuk Memperkuat SDM Perikanan Dan Kelautan

Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna Rabu (22/2). Foto: Ilham 
Kwarta5.com Natuna,- Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Boy Wijanarko melaksanakan kunjungan kerja ke Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Rabu (22/2/2023). 

Tujuan kunjungan kerja Bupati Natuna tersebut bertujuan untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah natuna dan sekaligus melakukan audensi 

secara khusus membahas tentang permohonan kuota putra-putri anak daerah dalam satuan pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Hal ini merujuk pada salah satu amanat prioritas pembangunan pusat didaerah Natuna yaitu pembangunan kelautan dan perikanan. 

Dalam kunjungan kerja tersebut Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan bahwa di dalam upaya menunjang pembangunan daerah di bidang perikanan dan kelautan harus didukung dengan sumberdaya yang mumpuni untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. 

"Perikanan dan kelautan adalah salah satu prioritas pembangunan dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Natuna,"Ungkap Wan Siswandi. 

"Karena wilayah kabupaten natuna di dukungan dengan luas laut yang hampir mencapai sekitar 98% dengan jumlah penduduk kurang lebih sekitar 89, 498 ribu jiwa dan memiliki banyak Pulau sehingga berbagai treatment sudah dilakukan untuk memaksimalkan potensi laut yang ada. ,"Papar Wan Siswandi. 

Lebih lanjut Wan Siswandi juga menambahkan bahwa saat ini telah dibangun Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) untuk memaksimalkan hasil laut di kabupaten natuna yang dapat menjadi tambahan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Dengan segala potensi yang ada, kami pemerintah daerah menyadari bahwa yang perlu dibangun bukan hanya infrastruktur saja, tapi bagaimana mendorong pembangunan sumberdaya manusia yang memahami potensi laut natuna dan paham cara mengelolannya dengan maksimal tanpa merusak ekosistem laut. 

"Sehingga tujuan kami datang kemari adalah mohon dukungan dan kerjasama untuk memberikan kesempatan pada putera daerah untuk belajar dan menimba ilmu di satuan pendidikan kementerian kelautan dan perikanan,"Ungkap Wan Siswandi. 

"Dengan melalui pencanangan SKPT dengan program penangkapan ikan terukur yang dipusatkan di Kabupaten Natuna, maka Pemerintah daerah berharap sebagai wilayah prioritas pembangunan di bidang kelautan dan perikanan, pemerintah pusat dapat memberikan dukungan,"Tegas Wan Siswandi.

"Dengan penguatan sumberdaya yang berkualitas melalui beasiswa pendidikan di satuan pendidikan kementerian kelautan dan perikanan.,"Tutup Wan Siswandi.

 (Ilham)

Lebih baru Lebih lama