Pengarahan Dan Pembekalan Danlanal Ranai Selaku Kamabi Saka Bahari Pada Perekrutan Siswa Saka Bahari Tahun 2022


Pengarahan Dan Pembekalan Danlanal Ranai Selaku Kamabi Saka Bahari Pada Perekrutan Siswa Saka Bahari Tahun 2022

Sambutan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I. selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Lanal Ranai.
Kwarta5.com Natuna - Dalam rangka mendidik dan membina anggota Gerakan Pramuka Penegak Bantara dan Penagak Laksana khususnya generasi muda yang terampil dan handal dalam bidang Kebahariaan, disiplin, berani dan setia. 

Sehingga mempunyai dedikasi yang tinggi, maka Satuan Karya Bahari Lanal Ranai perlu mengadakan penerimaan Saka Bahari tahun 2022, Dasar kegiatan berdasarkan Undang-Undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.158 Tahun 2011 tentang petunjuk penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bahari. Bertempat di Mako Lanal Ranai Kelurahan Batu Hitam Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna. Minggu (17/07/2022) 

Dalam kesempatan itu Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I. selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Lanal Ranai membuka secara resmi penerimaan calon Saka Bahari dalam acara perekrutan yang diadakan oleh Lanal Ranai. 

"Kegiatan penerimaan anggota Saka Bahari Lanal Ranai tahun 2022 sebanyak 39 peserta dari berbagai sekolah lanjutan tingkat atas antara lain dari SMAN 2 Bunguran Barat 20 orang, SMKN 1 Kelautan Bunguran Timur 6 orang dan SMKN 2 Bunguran Timur 13 orang.,"Papar Danlanal. 

"Namun penerimaan calon Saka Bahari di wilayah Kabupaten Natuna oleh Lanal Ranai selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam kutipan - kutipannya " Bangun Sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.,"Ungkap Danlanal

Dalam pengarahan dan pembekalan oleh Danlanal Ranai mengatakan, Sebagai calon - calon Saka Bahari harus tersenyum riang gembira, karena mengikuti Saka Bahari bukan dengan paksaan tapi karena keinginan diri sendiri dengan dorongan dari hati jadi diharapkan tidak ada wajah yang cemberut. 

"Saka Bahari didirikan pada tahun 1983 sesuai Instruksi Kasal No. 081/INS/01/I/1983 yang bertujuan untuk membina gerakan pramuka agar memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dan kecakapan bidang kebaharian yang dapat menunjang karir masa depan."Ungkap Danlanal

Masih Danlanal Ranai mengatakan adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan Saka Bahari sehingga mampu berperan serta aktif dalam mendukung pembangunan nasional terutama dalam bidang kebaharian. Seperti kita ketahui bahwa Natuna 80% wilayahnya adalah lautan, dimana wilayah Kabupaten Natuna adalah kepulauan, menjadi hal yang wajar jika kita harus mengutamakan bidang kemaritiman dan kebaharian. 

"Sebagai calon - calon Saka Bahari yang merupakan salah satu sektor kepemudaan kemaritiman harus lebih baik lagi dan menjadi contoh bagi teman kalian yang lain, saat ini adalah memasuki angkatan yang ke 5 dan jika kalian mengikuti pengukuhan dengan baik maka akan diterima menjadi anggota Saka Bahari. Jaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan, walaupun Covid - 19 sudah mulai menurun namun kita tetap harus waspada."Ucap Danlanal

Turut hadir dalam kegiatan perekrutan Saka Bahari di Mako Lanal Ranai  Pjs. Paspotmar Kapten Laut (P) Philipus E. Sakliressy, Pjs. Kaur Binpuan dan Dayaguna Lettu Laut (P) Bagus Mondro Murti, Sertu Ttg Rusdiyanto (anggota Potmar Lanal Ranai), Serda Ttu Sumarna (anggota Potmar Lanal Ranai), Nurhayati (Pamong Saka Bahari), Nurizam (Pamong Saka Bahari), Joko Priono (Pamong Saka Bahari) dan Herman (Pamong Saka Bahari). 

(Ilham)

Lebih baru Lebih lama