Mobil Dengan Pelat Seri ZZH Berkeliaran di Karimun


Mobil Dengan Pelat Seri ZZH Berkeliaran di Karimun

Foto: Sj
Kwarta5.com Karimun,- Peraturan kepala kepolisian negara RI No.pol 3 tahun 2012 tentang penerbitan rekomendasi surat tanda nomor kendaraan bermotor  dan tanda kendaraan  bermotor khusus dan rahasia bagi kendaraan bermotor dinas.

Korp lalu lintas ( korlantas) polri resmi mengganti pelat nomor khusus  kenderaan dinas pejabat yang sebelumnya  memakai akhiran RF menjadi ZZ.

Sejak November 2023 ,  kode rahasia mobil dinas pejabat  kini menjadi  ZZH, ZZO, ZZQ, ZZS, ZZP, ZZL,ZZD dan ZZU. Pengguna plat ZZH adalah pejabat  negara Eselon II yang setingkat  dengan direktur di sebuah kementerian, Serta untuk mendapatkan plat nomor khusus ini ada mekanisme pengajuan yang harus di lakukan  oleh setiap kementerian / lembaga  TNI , maupun polri. ( Kumparan , 14/12/23 ).

Pandangan yang sedikit aneh sebuah mobil dengan Pelat  BP 1004 ZZH selalu ada di parkiran gedung A komplek perkantoran bupati karimun yang dekat dengan dinas  pekerjaan umum dan penataan ruang  (  PUPR  ) kabupaten karimun.

Dalam penelusuran lebih lanjut kita beberapa waktu yang lalu, kita  mencoba konfirmasi kasat lantas polres karimun Iptu Dristica Brian Arya leviantona melalui what Aps terkait adanya sebuah mobil dengan pelat ZZH , sampai berita ini di publikasikan belum ada balasan.

Ketika kita meminta tanggapan salah seorang tokoh masyarakat karimun indra buana lubis mantan kaurbinops polres karimun, Selasa, 13/02/24 di seputaran kolong,  pemakaian seri ZZH itu sudah  tidak sesuai prosedur hukum yang di keluarkan oleh kapolri, karena nomor dengan seri  itu di pakai pejabat negara di tingkat kementerian,   karena  kendaraan tersebut di pakai di tempat umum, karena nomor polisi dan serinya tersebut  merupakan nomor kendaraan rahasia untuk pejabat negara.

Indra buana lubis mengharapkan  satlantas  polres karimun menindak lanjuti permasalahan ini agar tidak menimbulkan asumsi negative di tengah tegas  masyarakat, tegas indra.

Sajirun s.

Lebih baru Lebih lama