Kekuatan TNI AU Semakin Kuat Di Perairan Laut Natuna Utara, 4 Satuan Baru Diresmikan Oleh KASAU



Kekuatan TNI AU Semakin Kuat Di Perairan Laut Natuna Utara, 4 Satuan Baru Diresmikan Oleh KASAU


Kwarta5.com Natuna,- Empat (4) satuan baru siap tempur untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk untuk pertahanan di udara dari berbagai ancaman Negara tetangga salah satunya, Skadron Udara 52 yang berada di bawah Komando Operasi Angkatan Udara 1 yang meliputi tiga markas Komando Datasemen Pertahanan Udara (Denhanud) Paskhas 475, 476, dan 477, yang langsung di resmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P. Bertempat di Mako Denhanud 447 Ranai Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna. Jum'at 22/10/2021. Pukul 9.30. Pagi.

Terlihat hadir dalam acara tersebut, Pangkogabwilhan I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, Gubernur Kepri  Ansar Ahmad SE, MM, Bupati Natuna Wan Siswandi S.Sos, M.Si, Komandan Lanud RSA Kolonel Pnb Dedy I. S. Salam, S. Sos., Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak SH, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu S.Hub.Int, Kapolda Kepri Irjen Pol Dr Aris Budiman M.Si, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan SH, MH, Kajati Kepri Hari Setiyono SH, MH, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Haris Bima Bayu Seto S.E, M.Si, Kepala Zona Kamla Maritim Barat Laksma TNI Hadi Pranoto, S.Sos, M.Si, Kabinda Kepri Brigjen Pol Riza Celvin Gumay, Danlanud RHF Kolonel Pnb Agustinus Donie Prihandono, SE, Staf khusus Gubernur Sarafuddin Aluan, SH.MH, Kadis Perhubungan Prov Kepri Junaidi, SE.MH, Kepala Biro Humpro Prov Kepri Hasan S.Sos, Kepala Biro Umum Setda Prov Kepri Abdullah, Kabag Protokol Aludin Andi SE.MM.

Sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P., menyampaikan empat satuan  baru yang sudah diresmikan secara serentak ini merupakan salah satu bagian upaya Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) dalam bentuk pembagunan dan validasi organisasi agar terwujud satuan dalam sistem kerja semakin efektif dan efisien untuk memastikan terlindungi kedaulatan Negara di udara.

Yang sudah tertuang di dalam Perkasau Nomor 56 Tahun 2021 dan Perkasau Nomor 30 Tahun 2019, maka satuan Skadron Udara 52, Detasemen Pertahanan Udara 475, 476 dan 477 terhitung sejak hari ini secara resmi dinyatakan mulai beroperasi.

"Sebagai Negara kepulauan yang luas, yang menghubungkan Letak Indonesia yang sangat strategis, berada antara benua Asia dan Australia, serta dikelilingi lautan samudra Pasifik dan Hindia, dan banyak mendatangkan manfaat bagi Indonesia dengan letaknya yang strategis inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang berada di jalur persimpangan lalu lintas dunia untuk penerbangan dan pelayaran di dunia yang dapat memiliki sumber daya alam di dalamnya.," Papar Fadjar Prasetyo.

"Sebagai negara yang cinta damai dan menganut prinsip bebas aktif, tentu kita tidak mengharapkan terjadinya konflik. Akan tetapi kita juga harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi untuk memastikan dan melindungi kedaulatan bangsa dan negara," Terang Fadjar Prasetyo.

Masih Kasau, Selain itu, satuan yang  satuan yang sudah di resmikan ini  berperan sebagai untuk membantu untuk memperkuat jajaran TNI Angkatan Udara di wilayah Perairan Laut Natuna Utara, agar selalu mengamati dan melindungi ruang udara, dari berbagai ancaman yang datang maupun serangan dari udara.

"Ini merupakan bukti komitmen kita dalam mewujudkan TNI Angkatan Udara senantiasa siap dan tidak akan pernah gentar dalam melaksanakan tugas untuk menjaga kedaulatan negara di udarayang dapat disegani dan akan terus di tingkatkan secara bertahap untuk menjaga jalur Udara yang berkelanjutan.,"Ungkap Fadjar Prasetyo.

Selanjutnya, Kasau juga mengucapkan selamat bertugas kepada para perwira yang baru saja di lantik untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik baiknya, salah satunya Komandan Skadron Udara 52 Natuna Letkol Pnb Dion Aridito, ST, Komandan Denhanud 475 Paskhas Pekanbaru Letkol Pas Tatag Wicaksono, M.Han, Komandan Denhanud 476 Paskhas Iswahjudi Letkol Pas Habib Yuwono Prasetya, dan Komandan Denhanud 477 Paskhas Natuna Letkol Pas Frian Alfa Risdar, S.M, M.I.Pol. 

"Ini merupakan sebuah tugas dan tanggung jawab yang harus di junjung teguh serta amanah yang dipercayakan kepada saudara dengan latar belakang kemampuan yang dimiliki," Saya yakin para komandan mampu memimpin satuan ini dengan baik, aman dan lancar," Ujarnya.

"Untuk itu, jagalah kepercayaan dan amanah ini dengan sebaik-baiknya, agar  utamakan keselamatan dalam setiap tugas, serta rawatlah berbagai sarana dan prasarana khususnya alutsista dengan penuh kehormatan dan rasa tanggung jawab yang penuh.," Pungkas Fadjar Prasetyo.

(Ilham)

Lebih baru Lebih lama