Diskominfo Natuna Melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Untuk Pemanfaatan TTE Bersama BSSN Dan BSrE



Diskominfo Natuna Melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Untuk Pemanfaatan TTE Bersama BSSN Dan BSrE


Kwarta5.com Natuna,-Sebagai pihak pertama Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Natuna Raja Darmika.S.T, M.A.P., bersama Renaldy selaku pihak kedua dari Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama 

untuk pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Natuna, secara elektronik melalui aplikasi Sistem Monitoring Layanan Sertifikat Elektronik (SIMANTAPS). Yang dihadiri oleh beberapa orang pejabat eselon diskominfo natuna .Senin 9/8/2021.

Namun untuk tahapan perjanjian kerja sama ini sudah di mulai dari awal Juni tahun 2021 yang lalu melalui konsultansi, sosialisasi terkait sertifikat elektronik oleh BSrE dan analisis kebutuhan sistem, atau draft perjanjian kerja sama oleh tim sehingga terbitnya surat rekomendasi sebagai data pendukung untuk pelaksanaan Perjanjian Kerjasama.

Raja Darmika juga menjelaskan tentang  Tanda Tangan Elektronik (TTE) ini merupakan tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik melalui terasosisi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang dapat digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi (PP Nomor 71 Tahun 2019). Berdasarkan UU ITE Pasal 11.

"Sebagai bentuk untuk Pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan sehari-hari yang semakin meningkat, namum dengan adanya tantangan ini, dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan dan layanan publik, Diskominfo Natuna berinisiatif untuk menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang bekerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).,"Papar Raja Darmika.

"Setelah adanya beberapa kali perubahan pada draft untuk perjanjian kerja, baru hari ini kita mendapatkan jadwal yang telah disepakati sebelumnya untuk penandatanganan Pelaksanaan Kerja Sama (PKS ), dan ini juga merupakan yang pertama kali dalam melakukan tanda tangan secara elektronik dan berharap bisa diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Natuna dalam waktu dekat.,"Ungkap Raja Darmika.(Ilham)

Lebih baru Lebih lama