Ditengah Pandemi Covid-19, Petani Desa Bukit Langkah Kecamatan Lingga Timur, Panen Raya Perdana

Kwarta5.com Lingga,– Menunjang penguatan pangan ditengah wabah corona virus (Covid-19), Petani Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga sore  panen pertama ditahun 2020 ini, Selasa (4/8/2020).

Marwanto satu dari sekian petani Bukit Langkap mengatakan total benih yang di tebar seluas 12 hektar, untuk waktu penen padi sendiri akan dilakukan secara bertahap, bahkan untuk ditahun ini saja, menurut ia mengalami peningkatan disegi produktivitas nya.

“Untuk panen hari ini cuman 1 hektar dan alhamdulilah ada peningkatan hasil dari tahun sebelumnya, untuk hari ini saja hasil panen ubinan untuk produktifitas varietas inpago 9 mencapai 4.9 ton/ha, sementara untuk Varietas inpago 12 berkisar 3.68 ton/ha,” Kata Marwantu

Selain itu, nantinya akan ada 12 hektar sawah yang akan dipanen, yang terdiri dari 5 varietas unggul, yaitu Inpago 9, Inpago 12, Inpara 6, Inpara 8, serta Bio patenggang, dimana jelas ia untuk masa panennya dimulai pada awal bulan Agustus hingga awal september mendatang.

Sementara menyambut hasil panen pertama tersebut, Kepala Desa Bukit Langkap Sudarmin mengaku senang dengan hasil panen itu, ia pun optimis kedepannya persawahan di Desa Bukit Langkap akan terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Untuk itu ia berharap hasil panen kali ini bisa berkontribusi terhadap pemenuhan cadangan pangan masyarakat Lingga, namun untuk pemasaran hasil bumi Bunda Tanah Melayu ini, Sudirman melalui Pemerintah Desanya, sudah melakukan koordinasi kepengurus Bumdes.

Tidak hanya itu saat ini Pemerintah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri maupun Pemerintah Pusat, terus menggesa petani hampir di seluruh Indonesia bisa menjadi petani yang mandiri.

“Alhamdulillah ada peningkatan tahun ini, kalau tahun lalu petani masih memikirkan masalah hama dan penyakit untuk kedepannya petani lebih memikirkan peningkatan produktivitas hasil panen,” pungkasnya.

Penulis : Maman
Powered by Blogger.