Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 TNI AL Lakukan Kegiatan Sosial di Sumbar


Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 TNI AL Lakukan Kegiatan Sosial di Sumbar

              
Kwarta5.com Sumbar - Satgas (Satuan Tugas) Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 Sail Sabang 2017 dengan menggunakan Kapal Rumah Sakit KRI dr. Soeharso-990 tiba di Padang Sumatera Barat, Pariaman, Kamis (23/11/17)

Selanjutnya satgas bergerak menggunakan kendaraan darat untuk melaksanakan misi kemanusiaan bhakti sosial.

Sejak pagi hari ribuan masyarakat Pariaman berbondong-bondong menuju tempat pelayanan kesehatan RSUD Dr. Sadikin dan diatas Kapal Rumah Sakit KRI dr. Soeharso-990.

Sementara penyuluhan kesehatan dilaksanakan di SD Pauh Barat, untuk sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL dilaksanakan di SMUN 1 Pariaman, penyuluhan Hukum dan Bela Negara dilaksanakan di Aula DKP Pariaman.

Antusias masyarakat Pariaman memanfaatkan kesempatan ini berkat sosialisasi kerjasama dan koordinasi yang erat antara pemerintah  setempat bersama Satgas SBJ ke-66.

Spanduk dipasang dibeberapa tempat strategis untuk mengajak masyarakat agar memanfaatkan momen SBJ ke-66 yang dilaksanakan TNI AL diwilayah Pariaman.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain perbaikan sarana prasarana perbaikan MCK umum, Beda rumah di Desa Marunggi.

Tim Kesehatan mengobati pasien umum sebanyak 1000 orang, pasien yang berobat gigi sebanyak 250 orang, pasien bedah minor sebanyak 80 orang, pasien bedah mayor sebanyak 15 orang, pasien khitan sebanyak 150 orang. berobat bibir sumbing sebanyak 30 orang, untuk pengobatan katarak sebanyak 50 orang, Mow/Mop 2 orang jumlah total yang berhasil mendapat pelayanan tim kesehatan SBJ ke-66 sebayak 1595 Orang.

Selain itu Satgas SBJ ke-66 bertugas memberikan Sembako dan Penyerahan sumbangan paket ibadah ke beberapa Masjid, kepada para nelayan serta penyerahan bantuan Paket Olahraga sekolah dan masyarakat, pemutaran film dan promosi penerimaan prajurit TNI AL.

Salah satu Tokoh masyarakat setempat H. Sudirman dari Desa Ujung Batung Pariaman berterima kasih terhadap Satgas SBJ ke 66 2017 kerjasama TNI AL dan beberapa Kementerian, BUMN.

Selain itu pihak swasta juga ikut berpartisipasi, dengan menitipkan sumbanganya untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama untuk kalangan pelajar, dan masyarakat yang kurang mampu.

Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh TNI AL bagi masyarakat Pariaman ini, melibatkan doktor spesialis dari Jakarta, untuk jasa pengobatan masayarakat tidak dipungut biaya.

Pelayanan kesehatan juga di Tinjau Wakil Walikota Pariaman, Kadiskesal, Ketua DPRD kota Pariaman, Wadan Lantamal II Padang, Dansatgas SBJ ke 66 dan jajaran FKPD Kota Pariaman.

Menurut Dansatgas Operai Bakti Surya Baskara Jaya ke-66 Kolonel Laut (P) Johanes mengatakan Operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL dalam mewujudkan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat.

Kegiatan merupakan wujud kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di daerah pesisir/pantai dan pulau-pulau terluar dalam rangka membantu mempercepat pembangunan  sehingga diharapkan dapat membuka peluang usaha dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.

“Selain itu Pelaksanaan Operasi Bakti Surya Bhaskara jaya ke-66 pada tahun ini sekaligus merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017 di wilayah Nangroe Aceh Darussalam dan sumatera Barat.

Sasaran kegiatan berupa perbaikan ringan sarana dan prasarana umum, pelayanan kesehatan, penyerahan bahan kontak, penyuluan kesehatan, penyuluhan hukum dan potensi maritim, bela negara serta mempererat hubungan lintas sektoral antara masyarakat, instansi-instansi pemerintah daerah dengan TNI AL” Ujar Dansatgas.

”Yang tidak kala pentingnya Penyelenggaraan Operasi Surya Bhaskara Jaya ke-66/ 2017 merupakan kerjasama TNI Angkatan Laut dengan Kementerian Kordinator Maritim, Kementerian Kesehatan, BKKBN dan BPJS.

Tidak lupa ucapan terimakasih kepada donatur dan partisipan yang telah memberikan bantuan berupa bahan kontak seperti peralatan sekolah, Buku-buku pelajaran, sembako, obat-obatan dan berbagai kebutuan pokok lainya yang di butuhkan masyarakat disetiap daerah sasaran”. (K5/Dispen Armabar)

Lebih baru Lebih lama