Gubernur Kepri Ansar Ahmad Buka Secara Resmi MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun


Gubernur Kepri Ansar Ahmad Buka Secara Resmi MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun

Kwarta5.com Karimun,- Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, SE., M.M. didampingi Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos., M.Si., Membuka secara resmi MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024, bertempat di  Astaka Utama MTQ XVI Kabupaten Karimun, Coastal Area. Selasa (17/04/2024).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Ansar didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Karimun serta tamu undengan lainnya, setelah sebelumnya diawali dengan khotmil Quran.

Dengan mengusung tema " Dengan MTQ Ke-XVI Kabupaten Karimun Tahun 2024,Kita Wujudkan SDM yang Qur'anibDalam Kehidupan Masyarakat Karimun Yang BERSIH(Beriman, Sehat,Indah, Harmoni) dan Mandani".

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Karimun, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun,Tim Percepatan Pembangunan Kepulauan Riau,kepala OPD Kepulauan Riau, Forkompinda Kabupaten Karimun, Pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Karimun serta kepala OPD Kabupaten Karimun.

MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024 berlangsung selama 5 hari,yaitu mulai tanggal 16 sampai dengan 21 April 2024.

Acara ini diselenggarakan 257 peserta dan diikuti 14 Kecamatan Se-kabupaten Karimun.

Untuk cabang yang diperlombakan diantaranya Tartil Qur'an, Tilawah Qur'an,Fahmil Qur'an,Shahril Qur'an serta Tahfidz Qur'an.

Rinciannya cabang Tilawah Al-Qur'an 112 peserta (14 putra dan 14 putri),Syahril Qur'an 42 peserta (14 Regu),Fahmil Qur'an 36 peserta (12 regu).

Kemudian,cabang Tahfidz Qur'an 67 peserta putra - putri, terdiri dari 1 juz Tilawah 23 orang,5 juz Tilawah 18 orang.

Selain itu,10 juz Tilawah 14 orang,20 juz Tilawah 8 orang dan 30 juz Tilawah 4 orang.

Perlombaan setiap cabang dilaksanakan di enam lokasi berada. Untuk cabang Tilawah remaja dan Dewasa di Astaka Utama Coastal Area.

Tartil dan Tilawah anak -anak di Masjid Baiturrahman, Tahfidz 10-30 juz di Masjid Baitul Karim, Tahfidz 1-5 juz di Darul Jannah, Syahril Qur'an di Gedung Nasional dan Fahmil Qur'an di Balai Haji Tebing.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun mengatakan pelaksanaan MTQ Harus jadi momentum strategis dalam pembangunan,serta bukan hanya ajang seremonial belaka.

"Untuk mendorong semangat masyarakat mensyiarkan Al-Qur'an,mengkaji Dan internalisasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk pemicu semangat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT." Harapannya.

Bupati Karimun juga menghimbau kepada masyarakat kabupaten Karimun dapat mengikuti rangkaian pelaksanaan MTQ sampai selesai penyelenggaraannya.

"Masyarakat dapat berperan aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke XVI Kabupaten Karimun," pintanya. Sajirun  s.

Lebih baru Lebih lama