Aunur Rapiq Lepas Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun


Aunur Rapiq Lepas Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun

Aunur Rafiq lepas keberangkatan calon jamaah haji asal Karimun ke embekasi Batam, Selasa (23/5). Foto: Kwarta5/Diskominfo Karimun 
Kwarta5.com Karimun,- Bupati Karimun, Aunur Rafiq melepas keberangkatan jamaah calon haji (JCH) asal kabupaten karimun ke emberkasi Batam, Selasa (23/5/2023) pagi di halaman rumah dinasnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Anwar Hasyim, FKPD, Ketua DPRD Yusuf Sirat, Sekda M Firmansyah dan Pimpinan OPD.

Suasana haru warnai pelepasan keberangkatan JCH Kabupaten Karimun di bawah rintik hujan tak bisa dielakkan. Tangis pecah dari keluarga, kerabat dan pengantar saat melepas JCH untuk menjalankan ibadah haji ke tanah suci.

Acara pelepasan keberangkatan JCH sebanyak 145 orang dari total 168 diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan tepuk tepung tawar.

Bupati Karimun berpesan kepada seluruh JCH asal daerah berjuluk Bumi Berazam agar dapat menjaga kesehatan masing-masing.

“Dalam melaksanakan ibadah, memerlukan kondisi fisik yang fit. Kemudian jaga kekompakan, kebersamaan, saling membantu dan tolong menolong. Sempurnakan niatnya, jadikan manasik sebagai modal dasar,” ujar Rafiq.

Bupati menyampaikan,JCH yang berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Cuci Mekkah tahun 2023 ini pada umumnya berusia diatas 60 tahun. Namun, secara keseluruhan kondisi JCh dalam keadaan sehat.

“Ada JCH yang berangkat menggunakan kursi roda dan memakai tongkat. Tapi secara keseluruhan kondisi mereka sehat,” kata Rafiq.

Bupati Karimun mengharapkan dan mendoakan, perjalanan ibadah seluruh JCH berjalan lancar, diberi kesehatan, kelapangan dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh setelah kembali ke tanah air.

Seperti diberitakan sebelumnya, total JCH Kabupaten Karimun tahun 2023 sebanyak 168 orang. JCH yang tergabung dalam kokter 1 pada gelombang 1 menuju Madinah sebanyak 145 orang. Sedangkan 23 JCH lagi tergabung di koloter 2 akan berangkat tanggal 23 Juni 2023.

Rincian 145 JCH terdiri dari Kecamatan Karimun 31 orang, Meral 39 orang, Tebing 28 orang, Meral Barat 5 orang, Kundur 25 orang, Kundur Utara 4 orang, Kundur Barat 4 orang, Moro 1 orang, Durai 4 orang, Buru 1 orang, Belat 2 orang dan Ungar 1 orang.

Jumlah JCH 145 terdiri dari 66 laki-laki dan 79 wanita. Untuk jamaah pria tertua atas nama Safari usia 80 tahun dari Kecanatan Karimun, termuda atas nama Angga Rifky Hadiyanto usia 23 tahun dari Kecamatan Kundur.

Sedangkan jamaah wanita tertua atas nama Tukiratin Rais Kasan Salim usia 88 tahun dari Kecamatan Kundur Barat, termuda atas nama Adilah Zafira Putri usia 26 tahun dari Kecamatan Karimun.

145 JCH Kabupaten Karimun bergabung bersama jamaah haji Batam, Anambas, Natuna dan Lingga yang akan berangkat 24 Mei 2023 pagi.

Sajirun s.

Lebih baru Lebih lama