Kerajinan Lukis Sepatu Hasilkan Cuan Puluhan Juta


Kerajinan Lukis Sepatu Hasilkan Cuan Puluhan Juta

Berangkat dari hobinya melukis, Abdaziz Hakim Ramadan mampu menghasilkan rupiah lebih dan menjadi wirausahawan muda. Foto: Kwarta5/ Brst 
Kwarta5.com Temanggung,- Berbagai cara dilakukan warga untuk mendapatkan penghasilan. Seperti seorang pemuda warga Desa Tegalrejo, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Berangkat dari hobinya melukis, Abdaziz Hakim Ramadan mampu menghasilkan rupiah lebih dan menjadi wirausahawan muda.

Usaha tersebut terbilang unik karena melukis di sepatu. Usaha ini mulai dirintis oleh pemuda berumur 24 tahun ini sejak tahun 2020 lalu. Berawal dari sepatu bekasnya yang sudah rusak, dan di sulap menjadi sepatu yang indah.

"Awalnya sepatu kesayangan saya rusak dan warnanya memudar, setelah mencari cara dan menemui solusi dari youtube saya langsung mencoba memperbaiki dan memberi warna dengan cara diberi lukisan, sepatu tersebut kembali tampak indah," kata Abdaziz Hakim Ramadan, Jumat (24/3/2023).

Berbagai macam macam gambar, seperti motif bunga, batik, tribal dan motif api berhasil menghiasi ratusan sepatu. Bahkan, tidak sedikit para konsumen datang membawa motif dan sepatu untuk dilukiskan agar terlihat nyentrik saat dipakai.

Atas karya yang telah digoreskan tersebut, para pelanggannya mengaku sangat puas. Selain menggunakan cat yang berkualitas, detail hasil gambarnya juga sangat terlihat jelas.

"Sepatu ini sudah lama dan nyaman dipakai kalau dibuang sayang, makanya saya di ripen ulang agar bagus, hasilnya bagus, memuaskan. Motif api biar beda dengan yg lain, dan mempunyai ciri khas tersendiri," kata salah seorang pelanggan, Muhammad.

Melihat peluang besar tersebut, pemerintah desa Tegalrejo mendukung usaha salah satu warganya.

Kades Tegalrejo, Agus Nuryanto, mengatakan selain pendanaan dari Bumdes, pihak desa juga telah mendirikan rumah kreatif.

"Sehingga potensi ini dapat dikembangkan dan ditularkan kepada anak muda lainnya," kata Agus Nuryanto.

Untuk harga bervariasi, tergantung tingkat kesulitan motif yang digambar. Dimulai Rp 250.000 hingga Rp 600.000. Seni melukis pada media sepatu beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu tren anak muda di Indonesia.

Dengan usaha ini, Abdaziz dapat meraup keuntungan jutaan rupiah perbulannya. Selain dari lokal temanggung, pelanggan datang dari kota kota besar lainnya, seperti Bali, Yogyakarta, Semarang dan Kalimantan.

Red/brst

Lebih baru Lebih lama