Kalau Kapal Roro Km Senangin Dilakukan Perawatan Wajib Ada Kapal Penganti


Kalau Kapal Roro Km Senangin Dilakukan Perawatan Wajib Ada Kapal Penganti

KM senangin 
Kwarta5.com Lingga,- Arman Arsyad Ketua Kosgoro Kabupaten Lingga, meminta pihak pengelola Kapal Roll On Roll Off (Roro) KM senangin menyediakan kapal Roro Pengganti saat Kapal Roro yang melayari rute Batam-Dabo- Kuala Tungkal yang akan dilakukan pemeliharaan rutin (Docking). Moda Transportasi Kapal Roro saat ini menjadi kebutuhan transportasi vital bagi masyarakat di Kabupaten Lingga yang merupakan daerah kepulauan. Apalagi hampir 80 persen kebutuhan pokok masyarakat didatangkan dari luar daerah.seperti dari jambi dan sekitarnya juga dari batam dan tanjung pinang.

“Informasi yang di dapat, dijadwalkan tanggal 20 Maret 2023 mendatang Kapal Roro tersebut akan Docking ataupun di adakan pemeliharaan perawatan selama lebih kurang 30 hari bahkan lebih. Namun belum ada informasi terkait kapal roro penggantinya. Secara langsung pelayanan kapal Roro akan berhenti dan hal ini sangat menganggu perekonomian masyarakat apalagi waktunya bertepatan dengan Bulan Puasa yang sudah di ambang pintu dan perayaan Hari Raya Idul Fitri,” kata Arman Arsyad, Jumat (3/3/2023).

Ditengah kondisi perekonomian masyarakat Kabupaten Lingga yang saat ini tengah terpuruk,seharusnya ada upaya pemerintah daerah baik dari Pemprov Kepri maupun Kabupaten Lingga untuk membantu masyarakat. Masyarakat Lingga tidak meminta pemerintah untuk memberikan subsidi untuk mengatasi krisis di bidang transportasi namun masyarakat butuh kebijakan.

“ Kita berharap agar ada kapal penganti selama kapal roro di lakukan perawatan. Hal ini guna menekan angka implasi.dengan upaya agar moda transportasi yang telah ada dapat berjalan dengan normal. Hal ini sudah cukup membantu, kita selaku masyarakat sangat khawatir melonjaknya harga kebutuhan masyarakat.apalagi yang kita ketahui hampir di setiap kebutuhan masyarakat pada saat bulan ramadan dan menjelang hari raya itu rata rata naik, meskipun kenaikannya tidak signifikan, kalau hal ini terjadi maka pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi gagal dalam menekan angka inflasi bahkan boleh di bilang menambah kesengsaraan masyarakat yang saat ini sangat miskin pada lapangan pekerjaan” ucapan nya

Tidak hanya untuk memudahkan alur tranportasi kebutuhan pokok, moda transportasi kapal Roro juga sangat di butuhkan sebagai jasa angkutan umum masyarakat dengan biaya yang terjangkau. “Kalau tidak ada kapal pengganti maka secara langsung akan menganggu aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat, " jelas arman

Sementara, Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Raja Firdiansyah, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan surat resmi akan Docking kapal roro. Dishub Lingga secara resmi akan berkordinasi dengan ASDP untuk mendapatkan informasi yang pasti terkait hal ini, (3/3/2023).

“Sampai saat ini, Dishub Lingga belum mendapatkan surat dari ASDP. Atas informasi ini, kami akan langsung berkoordinasi untuk membahas solusi kalau Docking di lakukan,” kata Raja Firdiansyah.

Jika memang Docking akan dilakukan, Dishub Lingga tentunya akan berupaya agar ada kapal pengganti yang akan melayani masyarakat. “Pastinya kami akan menyurati Kementerian Perhubungan untuk meminta pengganti kapal. Namun terkait direalisasikan apa tidak, sepenuhnya wewenang dari kementerian. Pastinya kami akan berupaya melakukan yang terbaik buat masyarakat,” tutupnya

Red/Mardian

Lebih baru Lebih lama