Empat Jurus Jitu Mengatur Keuangan saat Bulan Ramadan


Empat Jurus Jitu Mengatur Keuangan saat Bulan Ramadan

Ilustrasi Rupiah.Foto: Int
Kwarta5.com Jakarta,- Bulan Ramadan sudah di depan mata. Sadarkah Anda, pengeluaran saat Ramadan cenderung meningkat dibandingkan bulan-bulan lainnya?

Kondisi ini disebabkan oleh gaya hidup saat bulan Ramadan yang justru sering membuat pengeluaran meningkat.

Berbuka puasa di restoran mahal, membeli makanan secara berlebihan, atau menghadiri undangan buka puasa bersama yang hampir setiap hari datang.

Berikut, tip mengelola keuangan menyambut bulan Ramadan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), agar keuangan tetap sehat.

1. Buat rencana keuangan
Susun alokasi pengeluaran selama bulan puasa, seperti untuk belanja sahur, buka puasa, tunjangan hari raya (THR), sedekah, zakat, dan kebutuhan Lebaran.

2. Tahan godaan belanja barang yang tidak dibutuhkan
Diskon besar memang menggoda, apalagi sering muncul sepanjang bulan Ramadan. Tapi ingat, belanja hanya untuk kebutuhan sesuai dengan rencana yang sudah disusun.

3. Jangan meminjam jika tidak mampu melunasi

Fitur Pay Later atau pinjaman online memang bisa membantu "menalangi" belanja kebutuhan kita. Tapi ingat, itu adalah utang yang harus dilunasi.

Gunakan jika terpaksa dan memang sanggup kamu lunasi, serta hati-hati terhadap penawaran pinjol ilegal yang justru akan membuat hidup semakin susah.

4. Catat dan disiplin pengeluaran
Biasakan mencatat pengeluaran harian agar bisa memantau dan mengatur pengeluaran. Selalu disiplin terhadap rencana keuangan yang telah disusun.

Lebih baru Lebih lama