Kecelakaan Kapal Tahun 2022 Disampaikan oleh Basarnas Natuna


Kecelakaan Kapal Tahun 2022 Disampaikan oleh Basarnas Natuna

Basarnas Natuna Gelar Konferensi Pers Capaian Tahun 2022, Kamis (5/1/2023) Foto: (Ilham/kwarta5)
Kwarta5.com Natuna,- Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan (KPP) Kabupaten Natuna, Mexianus Bekabel, S.Sos, M.M., melaksanakan konferensi pers dengan beberapa orang media lokal yang berada di wilayah natuna, tentang pelaksanan operasi SAR di tahun 2022 yang lalu. Bertempat di ruang kerja Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan. Jl. Adam Malik Kelurahan Bandarsyah Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna. Kamis 05/01/2023. 

Dalam kesempatan itu Mexianus Bekabel, S.Sos, M.M., menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2022 KPP/Basarnas Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau, sudah mencatat sebanyak 17 kejadian yang sudah selesai di tangani oleh KPP terkait tentang kecelakaan kapal mendominasi. 

"Operasi SAR selama tahun 2022 didominasi kecelakaan Kapal sebanyak 16 kali dan kejadian bencana alam seperti banjir sebanyak 1 kali yang menjadi tugas pokok utama SAR untuk menyelamatkan masyarakat yang berada di wilayah Natuna-Anambas.,"Ungkap Mexi. 

"Saat melakukan operasi pihaknya kerap mengalami kendala di lapangan yang mana kondisi cuaca ombak di Natuna saat esktrim dengan tinggi gelombang mecapai 3-5 meter ketika masuknya musim Utara.,"Terang Mexi. 

Masih Mexianus Bekabel, S.Sos, M.M., juga menambahkan disamping minimnya stok Bahan Bakar Minyak (BBM) di Pulau-Pulau serta minimnya peralatan komunikasi nelayan lokal juga menjadi kendala dalam melakukan operasi. 

"Dan juga melaksanakan siaga rutin selama 24 jam, siaga khusus dan latihan sar personel untuk siaga khusus meliputi pengamanan saat masuknya hari raya idul fitri, Natal, tahun baru, pejabat dan pengibaran bendera bawah laut.,"Papar Mexi. 

“Dari 16 kecelakaan kapal, ada 8 manoverboad, 4 kapal mati mesin, 2 medical evacuation, 1 terbakar dan 1 hilang kontak.,"Tegas Mexi. 

"Dan 73 orang berhasil diselamatkan, 4 orang meninggal dunia dan 4 orang belum ditemukan sehingga total korban jiwa  sebanyak 81 orang.,"Terang Mexi. 

Lanjud Mexi selain melaksanakan operasi SAR, lanjut Mexi, sepanjang 2022 KPP Natuna juga melaksanakan siaga rutin selama 24 jam, siaga khusus dan latihan SAR personel. 

“Latihan SAR yang dilaksanakan, berupa latihan beregu, satuan di ketinggian, Latihan Beregu Diair dan Latihan Sarex Indopura.,"Tutup Mexi. (Ilham)

Lebih baru Lebih lama