Festival Layang- layang dan Gasing di Gelar Dinas Pariwisata HUT ke 23 Kabupaten Karimun


Festival Layang- layang dan Gasing di Gelar Dinas Pariwisata HUT ke 23 Kabupaten Karimun

Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka secara resmi lomba gasing dan layang layang di costal area, minggu, 30/10/22

Kwarta5.com Karimun,-
Pemerintah kabupaten karimun melalui dinas parawisata , menggelar lomba gasing dan layang layang bersempena  Hari ulang tahun ( HUT )  kabupaten  karimun ke 23 di costal area , secara resmi dibuka oleh bupati karimun Dr.H, Aunur rapiq S.sos, Msi. minggu, 30/10/2022.

 Permainan Gasing dan layang-layang merupakan permainan rakyat yang sudah ada sejak dahulu ,  Kedua permainan tersebut merupakan permainan tradisional yang banyak gemari di kalangan anak- anak hingga orang dewasa, khususnya masyarakat Melayu demikian di sampaikan kepala dinas parawisata M yunus dalam sambutanya.

 Hal inilah  yang mendorong pemerintah daerah Karimun untuk melaksanakan  pertandingan permainan tradisional ini ,  kegiatan lomba gasing dan layang layang di ikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah lokal maupun mancanegara seperti Singapura, dalam rangka  memeriahkan HUT Kabupaten Karimun ke-23.

Yunus  menambahkan, kegiatan lomba  layang- layang ini diikuti oleh 74 peserta sedangkan gasing di ikuti 19 tim, satu tim terdiri dari 3 orang, tutur yunus.

Dalam sambutannya Bupati Karimun Dr.H.Aunur Rafiq, S.sos.M.si, mengatakan, permainan tradisional ini perlu dilestarikan untuk di  masa-masa yang akan  datang, Pemainan tradisional gasing dan layang-layang, perlu di lestarikan dalam hal menjaga khasanah budaya, serta mengenalkan ke anak cucu di era digital ini.

 Aunur rapiq mengatakan , di masa-masa sekarang ini permainan tradisional banyak yang sudah pupus, dengan hadirnya berbagai permainan di dunia digital,  oleh karena itu permainan tradisional harus tetap kita jaga dan di lestarikan  sebagai warisan budaya, tegas Rafiq. 

Sajirun s.

Lebih baru Lebih lama