Bupati Lingga Lepas Keberangkatan 19 JCH


Bupati Lingga Lepas Keberangkatan 19 JCH


Kwarta5.com Lingga,-
Lingga - Sedikitnya 19 Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 2022/1443 H, dilepaskan secara resmi oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar untuk melakukan serangkaian ibadah haji di tanah suci, Mekkah, Arab Saudi. Kegiatan pelepasan dilakukan di Masjid Azulfa, Dabosingkep, Minggu (12/06/2022).

"Saya pribadi merasa bersyukur, sebab setelah 2 tahun lebih kurangnya terkendala, karena pandemi, akhirnya dari bapak ibu, saudara-saudara saya bisa melangkahkan niat ke tanah suci," kata Nizar.

Tahun ini, merupakan tahun percobaan dilakukan pemerintah Arab Saudi membuka kembali kegiatan ibadah haji. Namun, pada prosesnya diberlakukan aturan secara ketat. Para JCH, setidaknya dinyatakan sehat walafiat, terhindar dari penyakit serta diberlakukan pembatasan umur. 

Nizar menerangkan, JCH yang diberangkatkan ini merupakan JCH tahun kemarin yang terkendala berangkat. Semula JCH berjumlah lebih kurang 40 jama'ah, karena diberlakukan 50 persen kouta, hingga menjadi 20 jama'ah. Satu jama'ah mengundurkan diri dan menyisakan 19 JCH, yang siap diterbangkan ke Mekkah melalui embarkasi Kota Batam.

Para JCH tersebut, direncakan masuk ke Asrama Haji, Batam pada Selasa besok, namun diberangkatkan lebih cepat satu hari untuk meminimalisir kelelahan jemaah, dalam perjalanan menuju Kota Batam. 

Adapun 19 JCH tersebut terdiri dari 1 orang dari Kecamatan Lingga, 2 orang dari Lingga Utara, 10 orang dari Singkep, 2 orang dari Selayar, dan 4 orang dari Senayang.

"Selamat menunaikan ibadah haji, semoga selalu diberikan kesehatan keselamatan oleh Allah SWT, dan pulang ketanah air dengan manjadi haji dan hajah yang mabrur dan mabrurrah," kata Nizar

Disamping itu, Muhammad Nizar turut menyampaikan pesan agar para JCH senantiasa menjaga sikap dan perilaku, kesehatan dan lainnya selama melakukan proses ibadah. Ibadah haji ini merupakan rukun Islam yang kelima, wajib dilakukan namun wajib bagi yang mampu baik secara mental, materi dan fisik.

"Tentu ini izin dari Allah SWT, ini bukan hanya sebagai tamu allah saja, namun tamu dari suatu negara. Menjaga nama negara, provinsi dan Kabupaten Lingga," terang dia.

Nizar berharap JCH betul-betul memantapkan niat ke tanah suci kerana Allah SWT. Berangkat dengan keadaan sehat dan pulang nanti dengan sehat, membawa predikat haji yang mabrur dan mabrurrah. 

"Berdoa agar bangsa lebih baik, Kabupaten Lingga lebih baik. Menjaga kesehatan, jangan sampai sakit selama proses haji. Alhamdulillah, bismillah atas izin Allah kami semua melepaskan bapak ibu jamaah calon haji, mudah-mudahan lancar dan aman," tambah Nizar. 

Pesan yang sama juga disampaikan Kepala Kantor Kemenag Lingga, Muhammad Nasir. Sebagai Amirul hajj dia bertanggung jawab, atas keberangkatan ini. Pelepasan ini, merupakan upaya mendukung kepada para JCH, menunaikan rukun Islam yang ke lima, meski masih transisi masa pandemi ke endemi. 

"Alhamdulillah malam ini, meski masih transisi antara pandemi ke andemi, namun kita dapat memberangkatkan jemaah haji dapat kita berangkatkan ke tanah suci," ucap dia

Penulis : jupri

Lebih baru Lebih lama