Masuk Cuaca Ekstrim Tiga Buah Pompong Hilang Kontak Saat Melaut Di Perairan Laut Natuna Utara Masuk


Masuk Cuaca Ekstrim Tiga Buah Pompong Hilang Kontak Saat Melaut Di Perairan Laut Natuna Utara Masuk

Kwarta5.com Natuna,- Tiga Buah Perahu Nelayan (pompong) asal Desa Sepempang Natuna, diperkirakan hilang komunikasi. Pompong yang yang diperkirakan hari Jumat semalam sudah sandar di pelabuhan Teluk Baru hingga kini belum dapat kepastian posisi pompong berada. Sabtu 4/12/2021.

Nelayan tersebut berangkat dari pelabuhan Teluk Baru mengarah mengarah ke perbatasan  laut Serawak (Malaysia) dengan jarak tempuh mencapai 158 Mil.

Menuju Timur tepat laut Natuna dengan  kordinat Lintang 4°28,86998' dan Bujur 110°36,99326' biasa disebut nelayan Tempatan jalur 401.

Adapun tiga buah pompong tersebut diatas 5 GT keatas yang di Nahkodai (tekong ) oleh Hamdani alias Bang Am warna biru muda berisi 3 orang,pompong kedua warna Biru tua bagian bawah dan atas Biru Muda dengan Tekong Bahran berisi 3 orang dan pompong ketiga Tekong Aswat berisi 2 orang.

" Hari Selasa kemarin mereka berangkat kelaut Timur arah ke Serawak" ucap Idris pria yang sehari hari berprofesi nelayan Teluk Baruk 

Idris,Nelayan Sepempang,warga Beringin jaya, saat dipelabuhan Teluk Baru,Katakan,ada 9 pompong yang berangkat,6 pompong sudah balik arah dan sudah bersandar di pelabuhan Teluk Baru.3 pompong lainya belum ada kabar informasi.

"Ada dua nelayan  yang berteduh di pulau laut sebentar karena gear box rusak, sedangkan 4 kapal lagi langsung balek kanan,untuk sementara ada 3 pompong yang belum kembali" 

Tambah Idris, menjadi kebiasaan bagi nelayan saat di laut melakukan posisi berteduh bila mengalami cuaca ekstrem dengan gelombang yang tinggi.

" Ransum (makanan) juga masih ada Ama mereka, kemungkinan mereka berteduh menunggu posisi laut teduh lagi" paparnya.

Lanjut Idris,diposisi mereka para nelayan yang sudah diatas 100 mil sangat sulit untuk di hubungi melalui komunikasi radio atau telepon.

Untuk perlengkapan keselamatan  dan komunikasi di pompong, Idris juga paparkan Semuanya memiliki radio komunikasi dan safety,Rompi pelampung.(Ilham)

Lebih baru Lebih lama