Tanda Tangan Elektronik Memudahkan OPD Dalam Pengurusan Administrasi



Tanda Tangan Elektronik Memudahkan OPD Dalam Pengurusan Administrasi


Kwarta5.com Natuna,-Kadis Kominfo dan informatika (Diskominfo) Natuna Raja Darmika, menyampaikan dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang aman perlu adanya perlindungan informasi dari resiko pencurian data, modifikasi data yang ditransaksikan, serta perlindungan sistem elektronik. Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Diskominfo Natuna akan menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Kamis 22/7/2021.

Bahwa tujuan umum dari penerapan TTE adalah untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam administrasi pemerintah, sehingga kinerja dan pelayanan menjadi lebih cepat, efektif, efisien, dan aman.

"Namun Upaya yang di lakukan oleh Dinas Kominfo, untuk mendorong Pemda Natuna menjadi smart organitation, salah satu caranya adalah dengan mendorong terwujudnya transformasi digital melalui penggunaan TTE.," Papar Raja Darmika. 

"Karena di Kabupaten Natuna saat ini masih banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum menerapkan TTE, padahal dengan adanya TTE ini tentunya akan lebih mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi misalnya, setiap pejabat yang berwewenang menandatangani sedang dalam perjalanan dinas, proses tanda tangan tertunda, hal ini menyebabkan terjadinya keterlambatan pelayanan administrasi, 

oleh sebab itu, Diskominfo Natuna berupaya menghadirkan Sistem Informasi Tanda Tangan Elektronik (SI TANTE ELI) agar proses pengambilan keputusan bisa berjalan dengan lebih cepat, efektif, efisien dan aman tentunya.,"Terang Raja Darmika. 

"Tujuannya agar proses pengambilan keputusan bisa berjalan dengan lebih cepat, efektif, efisien dan aman.," Ungkap Raja Darmika. 

Senada dengan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko mendukung dan menyambut baik inovasi tersebut. Menurutnya, TTE akan jauh lebih mempermudah dan menghemat waktu dalam urusan penandatanganan dokumen.

"Dengan diterapkannya TTE nanti diharapkan dapat meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna dalam layanan keamanan Informasi melalui penerapan TTE sehingga data atau informasi Pemerintah Daerah terlindungi keamanannya.," Papar Boy Wijanarko. 

“Tentunya ini menjadi acuan kita bersama di Pemda dengan TTE ini mempermudah semua untuk mengaksesnya. Apalagi kedepannya kita harus menandatangani petikan petikan seperti SK CPNS, SK Pelantikan dan lainnya, itu bukan puluhan lagi tapi ribuan kalau kita masih menggunakan tanda tangan manual tidak melalui eletronik tentu  prosesnya bisa memakan waktu yang lebih lama lagi.," Ungkap Boy.

(Humas Kominfo/Ilham)

Lebih baru Lebih lama