bright PLN Batam Bangun Insfrastruktur Untuk Meningkatkan Keandalan Sistem Kelistrikan


bright PLN Batam Bangun Insfrastruktur Untuk Meningkatkan Keandalan Sistem Kelistrikan

Kwarta5.com Batam,- Sebagai penyedia energi listrik utama di wilayah Batam, bright PLN Batam terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk pasokan yang lebih andal di wilayah kerjanya.  Salah satu pembangunan infrastruktur tersebut adalah sistem transmisi Saluran Udaran Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Batu Besar – Nongsa yang sedang berjalan.

Pembangnunan infrastruktur ini merupakan proyek strategis yang memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu keandalan listrik yang disajikan bright PLN Batam kepada masyarakat diwilayah Batam.

“Kami terus berkomitmen untuk menyelesaikan proyek infrastruktur kelistrikan guna meningkatkan keandalan pasokan listrik,” tutur Coporate Secretary bright PLN Batam, Kishartanto Purnomo Putro, Kamis (10/9/2020).

Dalam keterangannya Tanto mengatakan saat ini bright PLN Batam telah menyelesaikan pembangunan Gardu Induk (GI) Nongsa yang siap menerima beban. GI Nongsa akan memperkuat pasokan listrik dengan membantu penyaluran daya dari GI Batu Besar yang saat ini sudah overload (kelebihan beban).

“Kebutuhan listrik di sekitar Batam Center hingga  Nongsa terus meningkat, dengan beroperasinya transmisi SUTT 150 KV Batu Besar – Nongsa ini kami harapkan  bisa mengurangi beban Gardu Induk Batu Besar yang saat ini sudah mulai penuh,” ujarnya.

Tanto juga menambahkan pembangunan infrastruktur ini akan menambah supply listrik untuk gedung – gedung dan bangunan yang berperan penting di Kota Batam, diantaranya Kepolisan Daerah (Polda), Badan Narkotika Nasional (BNN) serta gedung lainnya . Menurut Tanto, gedung – gedung utama tersebut sangat membutuhkan kehandalan listrik guna mendukung kelancaran operasionalnya.

Pada kesempatan yang sama Tanto mengatakan bahwa bright PLN Batam juga selalu melakukan jadwal pemeliharaan secara rutin, salah satunya dengan secara berkala mengukur Sistem Proteksi Penangkal petir pada sepanjang jaringan transmisi SUTT 150 KV yang sudah terpasang saat ini.

“Belajar dari kejadian pada 04 Juni lalu dimana terjadi pemadaman meluas pada sebagian besar wilayah Batam, kami fokus melakukan penggantian dan penambahan pengaman Sistem Proteksi Petir. Tingginya curah hujan serta sebagian daratan di Batam mengandung bauksit yang sejenis dengan bahan logam mengakibatkan intensitas petir di Batam cukup tinggi,” jelas Tanto.

Untuk mengantisipasi dan meminimalisir gangguan petir, bright PLN Batam melakukan pemasangan dan pemeliharaan sistem proteksi petir Down Conductor yang merupakan sebuah sistem proteksi dari sambaran petir, agar sambaran petir tidak mengganggu jaringan SUTT 150 kV.

"Kita berharap dengan pemasangan down conductor pada tower-tower SUTT 150 kV akan meminimalisir gangguan akibat petir pada sistem kelistrikan Batam - Bintan, dan pastinya akan meningkatkan keandalan pasokan listrik kepada konsumen," tutup Tanto

***
Lebih baru Lebih lama