Wabup Lingga Pimpin Upacara Tiga Hari Peringatan di Pantai Mempanak

Kwarta5.com Lingga - Wabup Lingga M.Nuzar S.sos  memimpin upacara bendera dalam tiga hari peringatan yaitu 17 hari bulan,Bela Negara Ke-71,dan hari Ibu Ke-91.acara tersebut diselenggarakan di pantai Menpanak Desa Sungai Pinang,Kecamatan Lingga Timur,Kabupaten Lingga, Kamis (19/12/2019).

Turut Hadir, Wabup Lingga beserta Istri,Asisten I Rusli,Danramil Lingga,Kapolsek Lingga,Ketua MPC PP Lingga,OPD Kabupaten Lingga,serta ibu-ibu yang hadir pada acara hari peringatan tersebut.

Wabup Lingga dalam kata sambutan nya,Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia diawali dengan  Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia.

Tema sentral pembahasan Kongres Perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan dini, poligami dan pendidikan perempuan. Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa,

penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, PHI ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional.
Upacara itu dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90 dan Hari Bela Negara Tahun 2018.

Tema PHI ke-91 tahun 2019 ini adalah Perempuan Berdaya, Indonesia Maju yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakukan diskriminatif, dan lain-lain. Kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi, 

Pelibatan semua unsur masyarakat dan multistakeholder sangat diperlukan, termasuk peran laki-laki dalam kampanye-kampanye/gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan, dan pencapaian kesetaraan gender. He for She menjadi salah satu komitmen global yang harus digelorakan sampai akar rumput.

Harapan saya,Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan.

Diwaktu yang sama,Wabup Lingga juga membacakan Amanat Presiden Joko Widodo,Bela Negara. yang intinya mengajak semua elemen untuk bersama-sama mencermati tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan negara, yang semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya.

“Aksi Nasioanal Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur,” ungkapnya

Dalam beberapa tahun lalu pemerintah telah dan akan terus membangun segala infrastruktur yang diperlukan untuk kemajuan bangsa, mencetak lapangan kerja, mendorong peningkatan sumber daya pembangunan, dan mereformasi birokrasi pemerintahan. Namun sekali lagi, faktor yang paling utama tetaplah SDM yang unggul demi kemajuan Indonesia.

Dikatakan, dalam amanatnya, Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna. Manusia paripurna tidak hanya memiliki kapasitas dan keterampilan yang tinggi untuk pemenuhan kebutuhan sendiri dan golongannya

"Namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa dalam rangka panjang yang memerlukan kerja keras serta sinergi bersama secara terus menerus,” Ucap Nizar  membacakan amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo.

(Iwan)
Powered by Blogger.