BP Batam Gelar Lomba Menulis Opini, Pendaftaran dan Pengumpulan Naskah hingga 22 Oktober 2019

Kwarta5.com Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Lomba Menulis Opini untuk kategori palajar SLTA sederajat dan, mahasiswa perguruan tinggi se-Barelang. Mengambil tema “SDM Batam yang Unggul” dan “Pengembangan Batam sebagai Kawasan Investasi”, lomba ini bagian dari rangkaian dalam menyambut Hari Bakti BP Batam ke-48 tahun pada 26 Oktober mendatang.

Koordinator Lomba Menulis Opini, Yudi Haripurdaja mengatakan tujuan digelarnya kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan generasi muda, khususnya pelajar dan mahasiswa, dalam menuangkan ide dan gagasan melalui penulisan opini.

“BP Batam sangat yakin para anak muda di Batam memiliki potensi dan ide-ide cemerlang, utamanya di zaman digital saat ini, untuk itu kami ingin mengasah lebih jauh bagaimana para anak muda di Batam peduli terhadap pembangunan Kota nya yang dituangkan ke dalam tulisan,” kata Yudi pada Senin (14/10/2019).

Menurut Yudi yang juga selaku Kepala Subdit Humas BP Batam, bahwa di zaman digitalisasi diperlukan gerakan literasi sebagai salah satu cara untuk menghadapi era globalisasi khususnya Batam sebagai bagian kawasan perbatasan strategis dan sebagi hub digitalisasi.

“Melalui lomba ini diharapkan para generasi muda sebagai calon pemimpin dan bagian dari Kota Batam lebih peka terhadap lingkungannya dan utamanya meneruskan budaya membaca dan menulis,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak kepada para anak muda yang masih bersekolah SLTA/SMK sederajat dan Mahasiswa se-Barelang untuk ikut berpatisipasi dan mendaftarkan diri segera untuk mengirimkan ide dan pendapatnya dengan tema yang ditentukan lomba menulis opini BP Batam.

Lebih lanjut, Yudi menerangkan ketentuan dan persyaratan lomba menulis opini. Naskah diketik dengan huruf times new roman, spasi 1,5 dengan jumlah kata sebanyak 500 s.d. 1500 kata. Naskah, biodata penulis dan kartu identitas dapat dikirimkan melalui email perpustakaan@bpbatam.go.id atau menghubungi nomor whatsapp 08566686809 (Deny) dengan waktu pendaftaran dan pengiriman naskah 4 Oktober s.d. 22 Oktober 2019.

Penjurian dilakukan 23 s.d. 24 Oktober 2019 dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada 2 November 2019 pada saat acara Hari Keluarga BP Batam.

"Penjurian tahun ini sedikit berbeda, akan dilaksanakan presentasi bagi peserta yang masuk sepuluh besar untuk masing masing kategori di hadapan dewan juri,” jelasnya.

“Hadiah lomba menulis memperebutkan hadiah yakni trofi dan piagam penghargaan. Seluruh peserta wajib mengikuti ketentuan dan persyaratan yang sudah ditetapkan dan dapat dilihat di Instagram, facebook dan twitter BP Batam," terang Yudi.

(ril)



Powered by Blogger.