BP Batam Menerima Penghargaan dari Universitas Indonesia

Kwarta5.com Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menjadi salah satu penerima penghargaan “Apresiasi Mitra Pemberi Beasiswa”, kategori Bronze dari Universitas Indonesia (UI).

Ajang apresiasi yang dilaksanakan pada Kamis (12/9/2019) di Balai Sidang UI kampus Depok, merupakan bentuk apresiasi kepada mitra yang berdedikasi dalam pengembangan dan penyelenggaraan Tridarma melalui beasiswa tugas belajar.

Ajang apresiasi ini dihadiri oleh ratusan perwakilan institusi maupun perorangan yang telah berpartisipasi menunjang kelancaran proses belajar mengajar di UI melalui dukungan beasiswa.

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., menyampaikan ucapan terima kasih kepada BP Batam, selaku institusi pemerintah, yang mendukung peningkatan kualitas SDM Indonesia dengan memberikan beasiswa kepada karyawannya yang lolos uji menjadi mahasiswa UI. Apresiasi Mitra Pemberi Beasiswa ini diterima oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia BP Batam, Lilik Lujayanti, mewakili Kepala Badan Pengusahaan Batam.

Menurut Rektor UI, SDM unggul adalah salah satu kunci kesuksesan bangsa. Untuk mencapai kualitas yang ditetapkan diperlukan dukungan finansial kepada para mahasiswa berprestasi agar dapat mencapai cita-citanya. Karena itu, atas nama civitas akademika, apresiasi ini kami sampaikan kepada para mitra pemberi beasiswa.

Sementara itu dalam kesempatan berbeda, Lilik Lujayanti, mengatakan bahwa BP Batam telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Tercatat 29 pegawai lolos uji dan disiapkan untuk menjalani program belajar S2 di beberapa universitas ternama, seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada dan Intitut Teknologi Bandung. Sembilan di antaranya adalah karyawan penerima beasiswa yang diterima di Universita Indonesia.

Lilik menuturkan, hal ini sesuai dengan harapan pimpinan BP Batam yang berkomitmen terhadap peningkatan kualitas SDM, dengan harapan SDM BP Batam mampu menjadi generasi yang memenangkan persaingan global serta menjaga estafet pembangunan Batam ke depan melalui optimalisasi aset yang dimiliki BP Batam.

“Hal ini merupakan harapan besar para pimpinan BP Batam. SDM unggul merupakan eksosistem investasi. Peranannya sangat penting bagi pengembangan Batam sebagai tujuan kawasan investasi yang berdaya saing di Asia tenggara,” ungkap Lilik saat ditemui di ruang kerjanya.

Lilik Lujayanti juga mengungkapkan pengarahan Anggota 1/Deputi Bidang Administrasi dan Umum BP Batam, Purwiyanto, yang mengatakan bahwa Batam merupakan daerah yang unik dan penuh tantangan.

“Batam memiliki pekerjaan yang tidak mudah dan lebih sulit bila dibandingkan dengan sejumlah kementerian yang lain. Tantangan yang dihadapi Batam juga bukan tantangan yang mudah, melainkan persaingan dunia internasional yang harus dihadapi. Dirinya meyakini bahwa kualitas SDM atau pegawai di dalam organisasi, secara otomatis akan menentukan arah pembangunan dan perkembangan daerah,” kata Lilik Lujayanti mengutip pernyataan Deputi Bidang Administrasi dan Umum BP Batam.

Selain peningkatkan kualitas SDM di internal organisasi, BP Batam juga berkomitmen terhadap pengembangan kualitas SDM yang ada di Batam. Pentingnya SDM sebagai bagian dari ekosistem, membuat BP Batam kini terus mencoba menjalin kemitraan dengan berbagai pihak yang berniat mendirikan sekolah vokasi khusus yang menghasilkan lulusan SDM dengan skill khusus yang dibutuhkan oleh industri kini dan ke depan.

Sebagai langkah awal yang besar, pada tahun ini, Apple Developer Academy dan Kirana Angkasa Polytechnic hadir di Batam untuk mendukung dunia penididikan Batam agar tercipta tenaga kerja andal yang dibutuhkan industri Batam, khususnya di bidang logistik, aero, dan teknologi.


(Ril)

Powered by Blogger.