Ditengah Rintikan Hujan, Pawai Ta'aruf Perwakilan Kabupaten Lingga Tetap Semangat

Kwarta5.com Lingga - Ditengah rintihan gerimis perwalakilan Pawai ta'aruf Kabupaten Lingga yang mengikuti Seleksi Tilawatil Quran Hadist (STQH) Ke VIII di Tanjungpinang tetap semangat mengikuti semarak perhelatan, Agenda tahunan yang di adakan Pemprov Kepri. Sabtu (27/4/2019).

Masing-masing Kabupaten/Kota mengerahkan kekuatan untuk menunjukkan dukungannya dalam kemeriahan pelaksanaan STQH. Khususnya Kabupaten Lingga mengikutsertakan 300 orang peserta pawai yang terdiri dari peserta, pelatih, pendamping, perwakilan OPD dan penggembira dari grup Cek Konon Carnival.

Turut berjalan bersama kafilah Kabupaten Lingga, yaitu Sekda Lingga, DR. Juramadi Esram,  di dampingi Kepala Kemenag Lingga, M.Nasir, dan para pejabat Lingga lainnya.

Khusus dibarisan inti diisi oleh Datuk Sri Setie Amanah, Ketua Lembaga Adat Melayu Kepri Kabupaten Lingga, M. Ishak, Kehadiran LAM sebagai payung Negeri memberikan penguatan dan semangat kepada para peserta untuk berjuang. Ketua LAM Lingga juga memasangkan tanjak dan menepuk tepung tawar kepada petinggi Negeri sebagai bentuk penghormatan dalam beradat dan menjaga kekuatan hubungan silaturahim.

Kabupaten Lingga menampilkan properti berupa Al Quran besar dan replika Tugu Khatulistiwa. Sekaligus diikuti oleh para kaum hawa yang bertudung manto dan berkain telepok. Hal ini menunjukkan tentang adat budaya dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Bumi Bunda Tanah Melayu.

Sementara penampilan silat dan tari inai di depan tamu utama merupakan bentuk manifestasi terhadap pengekalan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang sudah diakui dan tercatat di Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia.

"Kita ingin menyampaikan secara langsung kepada seluruh masyarakat Kepulauan Riau bahwa Lingga kaya akan adat dan budaya. Kita menjaga, mempertahankan dan melestarikannya. Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk menyampaikan dan menunjukkan serta mengenalkan kepada masyarakat," ucap Ketua LAM Lingga yang juga Kadis Kebudayaan Kabupaten Lingga

Kepala Kemenag Lingga, M. Nasir berharap seluruh rangkaian kegiatan STQH VIII di kabupaten Bintan bisa berjalan sesuai rencana awal. "Kita do'akan saja semoga tidak ada kendala. Semangat silaturahim ini harus tetap dijaga karena menjadi modal utama pembangunan. Ukhuwah Islamiyah harus kita bangun agar Kepri terus bergerak maju dan tidak mudah terpecah belah," ungkapnya.

(Iwan)
Powered by Blogger.