Sukses Terbitkan Buku Para Tokoh Nasional, Focus Publishing Intermedia Buka Kelas Pelatihan Public Speaking


Sukses Terbitkan Buku Para Tokoh Nasional, Focus Publishing Intermedia Buka Kelas Pelatihan Public Speaking

General Manager Focus Publishing Intermedia, Karina Sembiring.
Foto: Dok.
Kwarta5.com Jakarta,- Focus Publishing Intermedia, sebuah perusahaan penerbitan buku dan pelayanan bisnis digital asal Kota Batam, Kepulauan Riau, tercatat sebagai penerbit yang produktif merilis buku dengan berbagai genre, utamanya adalah buku biografi sejumlah tokoh penting di tingkat lokal maupun nasional.

General Manager Focus Publishing Intermedia, Karina Sembiring di Jakarta, Kamis (2/5/2026) mengatakan, selain penerbitan buku dan pelayanan bisnis digital, saat ini Focus mengembangkan sayap bisnisnya pada bidang pelatihan public speaking dengan menggandeng mentor yang mengantongi sertifikat bertaraf internasional.

“Kita membidik peserta dari lembaga pemerintahan dan perusahaan-perusahan atau organisasi profesi yang ingin mendapatkan skill public speaking secara profesional dan memenuhi standar mutu yang diharapkan,” paparnya.

Selain public speaking, menurutnya, Focus juga akan membuka kelas pelatihan penulisan untuk kalangan umum, mahasiswa dan pelajar. Perusahaan ini telah mengantongi izin untuk melaksanakan berbagai event pendidikan, pelatihan, workshop, dan seminar dari instansi terkait, dengan coach profesional yang telah berpengalaman puluhan tahun.

Sebelumnya Focus Publishing Intermedia lebih dikenal sebagai rumah penerbitan buku yang produktif menerbitkan puluhan buku, mulai dari buku sejarah, profil berbagai lembaga dan organisasi profesi, dan yang paling fenomenal adalah buku biografi tokoh nasional maupun mancanegara. Sebagian besar buku tersebut telah memiliki barcode Katalog Dalam Terbitan (KDT) serta International Standard Book Number (ISBN) dari Perpustakaan Nasional.

Dikutip dari laman https://focusintermedia.com, di antara buku biografi para tokoh tersebut adalah Senator Kepri Drs. H. Hardi Selamat Hood, M.Si, Ph.D, Naib Canselor University Tun Husein Onn (UTHM) Malaysia, Prof. Dr. Muhammad Nuh Dalimin, dan Mantan Kapori Jenderal Roesmanhadi, serta tokoh penting lainnya.

Focus juga pernah menerbitkan buku perspektif Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M. Si, Profil Kabupaten Kabupaten dan Kota serta buku profil Persatuan Insinyur Indonesia (PII). “Dalam waktu dekat kami juga sedang mempersiapkan sejumlah biografi tokoh penting tingkat nasional, yang kiprah serta dedikasinya telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia,” sebut Karina. 

Lebih baru Lebih lama