Juanda, dari Akademisi ke Panggung Politik


Juanda, dari Akademisi ke Panggung Politik

Juanda Caleg DPD Dapil Kepri no 9. 
Kwarta5.com Batam,- Juanda saat ini tercatat sebagai calon legislatif (caleg) DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Kepulauan Kepri. Lulusan Fakultas Ekonomi/ Manajemen Universitas Terbuka tahun 2015 ini merupakan putra asli Kepulauan Riau yang besar di Batam.

Tak banyak yang tahu bahwa, Juanda, sapaan akrabnya, memiliki latar belakang akademisi. Keseharian alumnus program Magister Msnajemen Univ. Dr. Setomo (Unitomo) ini banyak dihabiskan menjadi dosen di STIKOM Muhammadiyah  Batam. Selain itu juga sering menjadi dosen tamu di berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Lulusan Magister Manajemen ini mengatakan, terjun ke dunia politik harus memiliki modal integritas. Integritas bisa didapat dari akademisi atau pengalaman studi. Artinya, dosen salah satu profesi yang teruji memiliki integritas tinggi. Dengan modal integritas, seorang politisi akan memiliki moral yang bagus.

“Jadi kalau moralnya baik, maka dia bisa memperjuangkan aspirasi rakyat,” jelas “ ujar caleg DPD RI Dapil Kepri nomor urut 9 ini.

Ketua Lazismu Prov. Kepri periode 2022 - 2027 ini menegaskan, politisi yang tidak memiliki integritas akan cenderung melupakan rakyat yang memilihnya. Dengan integritas, anggota legislatif akan menyadari posisinya sebagai wakil rakyat, dipilih oleh rakyat, dan untuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

Ketua Korwil Fokal IMM Kepri,  ini memang terkenal gemar blusukan kepada masyarakat. Salah satu tujuannya adalah melakukan komunikasi persuasif kepada masyarakat. Dengan model pendekatan ini, maka akan ada timbal balik dari masyarakat. Sehingga akan banyak menyerap aspirasi dari masyarakat.

“Program itu tidak hanya bersifat materi. Tapi masyarakat bisa dibantu dengan kebijakan atau dibantu mengaskan ke beberapa lini. Masyarakat bisa dibantu kalau kita mengerti kebutuhannya, untuk bisa tahu kebutuhan masyarakat kita perlu mengadakan komunikasi,” kata Juanda.

Sementara itu, aktivis jurnalis dan aktivis pergerakan buruh/pekerja Kepri Hasan Siregar memandang, Juanda merupakan sosok politisi yang memiliki latar belakang sebagai akademisi. Kualitas intelektualnya tidak perlu diragukan. Hal itu bisa dilihat bahwa Juanda sebagai lulusan program doktor.

“Juanda ini juga aktifis. Saya kenal sudah lama. Kiprahnya di Kepri sudah banyak, karena dia juga menjadi Ketua Lazismu Kepri,” jelasnya.

Hasan Siregar memastikan, Juanda merupakan sosok yang mau belajar. Sebagai aktifis yang mau belajar tentu akan bagus jika mewakili rakyat sebagai anggota legislatif di parlemen.

“Beliau memiliki kepedulian yang tinggi kepada masyarakat, saya rasa itu modal yang tidak bisa diragukan,” tukas Hasan Siregar yang saat ini menjadi pengurus di salah satu perusahaan media di Kepulauan Riau.

Omreg

Lebih baru Lebih lama