Pemkab Karimun Gelar Kenduri Kampung Sehidang Setalam, Kerjasama LAM dan Aliansi Budak Balai


Pemkab Karimun Gelar Kenduri Kampung Sehidang Setalam, Kerjasama LAM dan Aliansi Budak Balai

Bupati Karimun Aunur Rafiq (Baju Putih) Duduk Bersama Masyarakat Menikmati Makan  Kenduri Kampung Sehidang Setelam di Halaman Rumah Dinas Sabtu (18/3). Foto: Kwarta5: Kwarta5/Sajirun 
Kwarta5.com Karimun,- Dalam rangka melestarikan adat istiadat melayu. Aliansi Budak Balai Bersatu bersama Lembaga Adat Melayu Kabupaten Karimun menggelar Kenduri Kampong Sehidang Setalam, di halaman rumah dinas Bupati, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Karimun, Kabupaten Sabtu (18/3/2023).

Dato Setia Amanah Negeri Karimun Darussalam, Bupati Karimun DR. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si mengatakan menyambut baik Kenduri Kampong Sehidang Setalam yang digelar oleh Aliansi Budak Balai Bersatu bersama Lembaga Adat Melayu Kabupaten Karimun tersebut. Dirinya berencana akan menjadikan kegiatan Kenduri Kampong Sehidang Setalam menjadi agenda setiap tahunnya di Kabupaten Karimun.

” Atas nama pemerintah kabupaten Karimun memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Aliansi Budak Balai Bersatu yang telah mengagas kegiatan kenduri Kampung bekerjasama dengan Lembaga Adat Melayu Kabupaten Karimun. Untuk itu dengan mengucapkan Bisillahirromanirrahim Kenduri Kampong Sehidang Setalam pada hari ini, akan kita agendakan setiap tahunnya, melalui APBD yang kita anggarkan setiap tahun.

 Karena kegiatan ini, akan menjadi kegiatan religius dan juga menjadi kegiatan wisata yang akan dikemas dengan baik dan apa yang menjadi kekurangan pada tahun ini akan kita evaluasi,” ujar Aunur Rafiq.

Lanjut Rafiq, meskipun kegiatan Kenduri Kampong Sehidang Setalam dilakukan dengan sederhana, tapi maknanya sangat besar. Karena kegiatan ini membangkitkan semangat kita untuk kedepan selalu bersatu, selalu ingat akan sejarah, selalu bisa berterima kasih kepada para pendiri bangsa, khususnya pendiri kabupaten Karimun dimasa lalu.

” Kita sebagai zuriat penerelusnya, mudah-mudahan dapat meneruskan apa yang mereka inginkan untuk memajukan kabupaten Karimun yang sama-sama kita cintai,” ujar Rafiq.

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Melayu Kabupaten Karimun, Dato Wira Setia Utama Tuan DR. M. Firmansyah, M.Si mengatakan, bahwa budaya kenduri merupakan ekpresi masyarakat melayu dan sebagai ajang mendekatkan diri kepada allah swt. 

“Atas nama Ketua LAM Kabupaten Karimun Mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas kenduri kampung yang digelar oleh Aliansi Budak Balai Bersatu ini, karena warisan tradisi adat Melayu sangat penting untuk terus kita lestarikan bersama,” ujar M. Firmansyah.

Kenduri Kampung Sehidang Setalam ini, turut dihadiri oleh Zuriat Amir Karimun Darussalam tuan Drs. H. R. Syirwanasyah, Kadis DP3AP2KB Muhammad Dali ( mewakili Gubernur Kepri ), Ketua DPRD Kabupaten Karimun Yusuf Sirat dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan ziarah sejarah ke makam Amir yang berada di Masjid Al Mubarak, Kecamatan Meral.  Sajirun s.

Lebih baru Lebih lama