Jokowi Bangun Pusat Latihan Sepak Bola di IKN Nusantara


Jokowi Bangun Pusat Latihan Sepak Bola di IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo meninjau titik lokasi pembangunan pusat latihan sepak bola nasional di kawasan sub wilayah perencanaan 1B Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat, 24 Februari 2023. (Foto: Istimewa)
Kwarta5.com Sepaku,-  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan akan membangun sebuah pusat latihan atau training center di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara.

Jokowi menetapkan langsung lokasi yang pembangunan pusat latihan sepak bola di IKN, saat meninjau kawasan 1B IKN bersama jajaran menteri serta pengurus PSSI di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat pagi.

Menurut Jokowi, pembangunan training center tersebut untuk mendukung kemajuan dunia sepak bola di Indonesia. Rencananya, terdapat delapan lapangan sepak bola yang akan dibangun.

"Pusat latihan dan lapangan sepak bola ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun,” kata Presiden Jokowi, dalam keterangannya, Jumat (24/2/2023).

Jokowi menyampaikan, pembangunan lapangan sepak bola di IKN Nusantara tersebut akan dibiayai oleh FIFA. Jokowi menilai, hal tersebut merupakan bukti kepercayaan internasional terhadap pembangunan IKN Nusantara.

"Pembangunannya ini akan dibiayai oleh FIFA. Hal ini menunjukkan kepercayaan internasional terhadap IKN," tegas Jokowi.

Sementara, Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan apresiasi terhadap rencana yang digagas Jokowi dalam mendukung dunia sepak bola di tanah air.

"Sebuah kehormatan yang luar biasa, bapak presiden sudah memutuskan lokasi pembangunan training center di tengah kota,” kata Erick Thohir.

Erick menyampaikan, akan mencari waktu untuk mengajak pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong untuk datang langsung menengok titik lokasi pembangunan pusat latihan tersebut.

Ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.


Red/Brst


Lebih baru Lebih lama