6 Persiapan Sambut Ramadan 2023, Biar Ibadah Makin Berkah


6 Persiapan Sambut Ramadan 2023, Biar Ibadah Makin Berkah

Ilustrasi Puasa. Foto: int
Kwarta5.com Jakarta,- Tidak terasa sebentar lagi umat islam akan menyambut datangnya bulan suci Ramadan 2023 atau 1444 Hijriah. Kedatangan bulan suci ini tentu perlu kita sambut dengan suka cita. Kamu bisa menyambut datangnya bulan Ramadan dengan melakukan beberapa persiapan, baik fisik maupun rohani. Berikut 5 persiapan penting sambut bulan Ramadan 2023 yang bisa kamu lakukan.

1. Lunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Buat para perempuan, di bulan Ramadan puasanya tentu ada yang bolong-bolong ya karena siklus haid. Maka dari itu, persiapan pertama untuk menyambut Ramadan tahun ini adalah segera lunasi hutang puasa kalian tahun lalu. Kalau kalian sengaja tidak melunasi hutang puasa tahun lalu, maka hutang puasa kalian akan bertambah. Di samping itu kalian juga akan dapat beban baru karena selain puasa juga harus membayar fidyah. Jadi, jangan lupa untuk bayar hutang puasanya ya.

2. Mulai Olahraga

Di bulan puasa kita diwajibkan menahan lapar dan haus selama beberapa jam. Kondisi yang sebelumnya bisa makan kapan pun, lalu tiba-tiba ada jam makan dan minum membuat beberapa orang sakit. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan fisik dengan baik. Caranya bisa dengan mulai rutin berolahraga, bisa juga dengan konsumsi vitamin. Dengan demikian, ketika waktu puasa tiba, fisik kamu sudah fit untuk melakukan puasa sambil melakukan aktivitas seperti biasa.

3. Belajar Menahan Diri

Jangan hanya fisik saja yang dipersiapkan, tapi kalian juga perlu menyiapkan hati. Ada banyak cara untuk mempersiapkan hati dalam menyambut bulan Ramadan. Sebelumnya kamu mungkin suka membicarakan kejelekan orang lain. Nah menjelang datangnya bulan puasa, belajarlah menahan diri untuk tidak melakukan hal tersebut.

4. Siapkan Perlengkapan Ibadah

Supaya kamu makin semangat menyambut datangnya Ramadan, kamu perlu juga menyiapkan perlengkapan ibadahmu. Kamu tidak perlu beli perlengkapan ibadah baru kok, cukup cuci saja supaya bersih dan wangi untuk dipakai selama bulan puasa. Pastikan juga lantai rumahmu bersih untuk beribadah ya.

5. Bertaubat

Persiapan terakhir dalam menyambut Ramadan 1444 Hijriah adalah dengan bertaubat kepada Allah SWT. Manusia tentu tidak luput dari dosa, maka jangan lupa untuk minta ampunan pada Yang Maha Kuasa. Kamu bisa melakukan salat Taubat sebelum bulan Ramadan tiba. Salat taubat bisa dilakukan seorang diri dan kapan saja, baik siang atau malam hari.

Tata cara melakukan salat taubat juga mudah karena praktiknya seperti menjalankan salat Subuh dua rakaat. Yang membedakan salat taubat dengan salat wajib hanya di niat salatnya saja.

6. Lupakan Dendam

Sebagai makhluk sosial, tentu ada kalanya kita berseteru dengan orang lain, baik itu tetangga dekat rumah, rekan kerja, teman sekolah, maupun anggota keluarga. Perseteruan itu pun berakhir menjadi dendam. Nah, menjelang bulan Ramadan, ada baiknya kamu bersihkan hati dengan melupakan dendam tersebut.

Memang sulit untuk melakukannya, terutama ketika orang tersebut sudah sangat menyakiti hati kamu. Tapi untuk menyambut bulan Ramadan yang suci, hati kamu juga harus bersih supaya mendapat keberkahan yang luar biasa dari Yang Maha Kuasa. Maka dari itu, lupakan dendam kamu dan jalinlah kembali silaturahmi dengan orang-orang yang sempat putus hubungan dengan kamu selama ini.

Itu dia 6 persiapan sambut Ramadan 2023 yang akan bikin ibadah kamu tahun ini semakin berkah. Yuk, kita sucikan hati dan bersihkan diri untuk menyambut datangnya Ramadan.

Red/ Brst

Lebih baru Lebih lama