Puluhan Karang Taruna Natuna Gotong Royong Pasang Pemecah Ombak Di Desa Cemaga


Puluhan Karang Taruna Natuna Gotong Royong Pasang Pemecah Ombak Di Desa Cemaga

Karang Taruna Kabupaten Natuna mengadakan gotong royong memasang tanggul pemecah ombak di Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan, Sabtu (07/01/23). 
Foto: (Ilham/kwarta5)
Kwarta5.com Natuna,-Puluhan pemuda dan pemudi yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Kabupaten Natuna mengadakan gotong royong memasang tanggul pemecah ombak di Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan, Sabtu (07/01/23). 

Pemecah ombak yang dipasang berupa timbunan semen beku dan pasir yang diisi dalam karung-karung plastik, kemudian di timbun disepanjang bibir pantai yang terkena abrasi dampak dari terjangan gelombang pasang dan cuaca ekstrim yang melanda Natuna beberapa bulan terakhir. 

Ketua Karang Taruna Kabupaten Natuna, Wan Wahyu Wiandra menyebutkan, lokasi yang menjadi titik gotong royong kali ini adalah jalan yang berada di bibir pantai Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan. 

Menurutnya, lokasi itu dipilih karena jalan mulai rusak tekena terjangan gelombang pasang dan bisa membahayakan bagi pengguna jalan. Jalan tersebut merupakan ruas jalan nasional yang menghubungkan ke sejumlah lokasi strategis seperti objek wisata Batu Kasah, Pulau Akar hingga pelabuhan SPKT Selat Lampa. 

“Lokasi itu kita pilih karena rawan kecelakaan sebab badan jalan sudah mulai rusak terkikis abrasi pantai, akibat terjangan ombak disertai cuaca ekstrim yang melanda Natuna beberapa bulan ini,”ungkap Wan Wahyu. 

Untuk itu, ia bersama pengurus karang Taruna Kabupaten Natuna dibantu beberapa orang personil TNI dan Polri berinisiatif melakukan gotong royong memasang pemecah ombak berupa tanggul yang terbuat dari karung-karung plastik di isi pasir untuk menahan terjangan ombak agar abrasi tidak meluas. 

“Tanggul yang kita buat terdiri dari semen beku dan tumpukan pasir yang di isi kedalam karung plastik. Semoga dengan tanggul itu bisa menahan terjangan ombak untuk mencegah abrasi pantai semakin meluas,”ungkapnya. 

Tak lupa, Wahyu juga mengucapkan terima kasih kepada segenap pengurus karang taruna, dan pihak-pihak yang telah terlibat langsung dalam kegiatan gotong-royong memasang tanggul pemecah ombak di Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan. 

“Terimakasih untuk kawan-kawan semua yang berpartisipasi mambantu kegiatan kita hari ini, semoga kita selalu solid dan kompak semoga perbuatan baik kita semua di balas oleh Allah dengan kebaikan juga,”ungkap Wahyu. 

Apresiasi juga disampaikan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko yang memberi dukungan dan motivasi agar kehadiran Karang Taruna Natuna dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat dan lingkungan. 

“Semangat untuk kegiatan gotong royong hari ini, anak-anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna harus memberikan terbaik untuk masyarakat, tumbuh kembangkan kepedulian kita bersama-sama,”ungkap Boy Wijanarko yang juga menjabat sebagai Sekda Natuna. 

Turut serta dalam kegiatan gotong royong Camat Bunguran Selatan Supardi, Mapala STAI Natuna, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (ilham)

Lebih baru Lebih lama