Kodim 0318/Natuna Sosialisasikan Perekrutan Komcad TNI 2023 Dan Di Hadiri Oleh Wan Siswandi


Kodim 0318/Natuna Sosialisasikan Perekrutan Komcad TNI 2023 Dan Di Hadiri Oleh Wan Siswandi

Kodim 0318/Natuna menyelenggarakan sosialisasi rekruitmen Komponen Cadangan (Komcad) Tentara Nasional Indonesia (TNI) matra angkatan darat. Rabu (25/1) Foto: Ilham 
Kwarta5.com Natuna,-Kodim 0318/Natuna menyelenggarakan sosialisasi rekruitmen Komponen Cadangan (Komcad) Tentara Nasional Indonesia (TNI) matra angkatan darat. Bertempat di Gedung Sri Serindit Kelurahan Batu Hitam Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna. Rabu 25/1/2023. Pukul 09.00. Pagi. 

Sosialisasi ini dilaksanakan secara langsung oleh Dandim 0318/Natuna Letkol Inf Marison Chandra Karundeng di hadapan Bupati Natuna, para OPD, Organisasi Kepemudaan, PWI, dan sejumlah masyarakat. 

Dalam sosialisasinya Dandim Marison mengatakan, Komcad disiapkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan Komponen Utama TNI dalam menghadapi ancaman militer. 

Menurutnya perekrutan warga sipil dalam Komcad dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk pertahanan negara. 

"Sejak tahun 1994 sudah ada UU terkait Komcad ini, hanya saja baru dilaksanakan pada tahun 2022. Karena kita Indonesia berdiri sendiri, kita berada dilingkaran negara-negara maju.,"Ungkap Dandim. 

"Untuk pelatihannya sendiri kata Marison, latihan dasar ke militer akan berlangsung selama satu bulan, semua biaya akan ditanggung oleh negara.,"Terang Dandim. 

"Rekrutmen tahap pertama nantinya akan menyasar kalangan milenial usia 18-35 tahun. Rekrutmen ini bersifat terbuka siapa saja boleh mendaftar dan minimal tamatan Sekolah Dasar, asalkan memenuhi syarat", terangnya. 

Pendaftaran Komcad dibuka untuk tiga matra sekaligus, yakni Angkatan Darat, Laut dan Udara. Pendaftaran dibuka secara online sejak tanggal 2 Januari hingga 14 April. Pendaftarannya juga dapat diakses melalui website https://komcad.kemhan.go.id.

 (ilham)

Lebih baru Lebih lama