Bupati Natuna Hadir Dalam Rangka Upacara Dirgahayu TNI AL Yang Ke 77


Bupati Natuna Hadir Dalam Rangka Upacara Dirgahayu TNI AL Yang Ke 77

Bupati Natuna Hadiri Acara Puncak peringatan Dirgahayu ke - 77 TNI Angkatan Laut
Kwarta5.com Natuna,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai menggelar Upacara Dirgahayu ke-77 TNI Angkatan Laut tahun 2022. Bertempat di Pelabuhan Tanjung Payung, Dusun Penagi Kelurahan Batu Hitam Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepuluan  Riau. Senin.12/09/2022. 

Upacara ini merupakan acara puncak peringatan Dirgahayu ke - 77 TNI Angkatan Laut, yang mana mengangkat tema ' TNI Angkatan Laut yang TNI Angkatan Laut Yang Profesional, Modern dan TangguhSiap Mendukung Indonesia.Puluh lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. 

Komandan Lanal Ranai dalam sambutannya mengatakan "Sejarah pengabdian TNI AL pada Negara Kesatuan Republik Indonesia telah terukir dengan tinta emas sejak lahir bangsa ini, 77 tahun silam. Selama itu pula, TNI AL selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia.' 

"Saat Ibukota Jakarta membara dan dilanda kerusuhan pada tahun 1998, TNI AL hadir meredam para demonstran secara humanis, ketika KM. Sinar Kudus dibajak di Somalia, TNI AL berlayar ribuan mil menuju Teluk Aden, sigap dan tanggap membebaskan para sandera.,"Ungkap Danlanal. 

"Ketika bangsa ini dilanda wabah Covid - 19, TNI AL bergerak keseluruh penjuru negeri mengatasi Pandemi. Itulah sebagian kecil dari bukti nyata pengabdian tanpa pamrih Angkatan Laut kepada negara kepulauan terbesar didunia yang kita banggakan ini.,"Terang Danlanal. 

"Sebagai negara maritim laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan bangsa Indonesia. Kelangsungan hidup bangsa ini tidak akan pernah lepas dari bagaimana cara kita memandang lautan nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara untuk bertahan hidup.,"Ungkap Danlanal. 

"Sumber daya perikanan dan pariwisata bahari serta sumber daya alam lainnya yang terkandung dibawah laut membuktikan bahwa sektor maritim memegang peran penting bagi tumbuh kembang bangsa Indonesia.,"Tegas Danlanal. 

Masih Danlanal menyampailan dalam merespon tantangan tersebut, TNI AL melaksanakan pembangunan kekuatan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan tempur Alutsista, dengan upaya modernisasi kelengkapan sarana dan prasarana serta dukungan logistik terpadu. 

"Dibidang Organisasi, TNI AL melaksanakan Validasi dan Relokasi yang diarahkan untuk memperkuat kemampuan operasi, terutama di pulau - pulau terluar strategis serta daerah dengan kerawanan tinggi.,"Ujar Danlanal. 

Berbagai terpaan dan ujian dialami bangsa ini, namun sejarah membuktikan kita selalu mampu bangkit berdiri tegak lebih kuat dari sebelumnya. 

"Bangsa yang kuat bukanlah bangsa yang tidak pernah jatuh dalam menghadapi ujian dan tantangan, namun bangsa yang ketika jatuh mampu bangkit berdiri lebih kuat. Seperti hal nya pelaut yang tangguh, bukan pelaut yang tidak pernah mabuk laut bila menghadapi badai dan gelombang, namun pelaut yang bila mabuk laut ia tetap berdiri menghadapi badai yang menghadang. "Pulihlah Indonesia Ku, Bangkitlah Lebih Kuat, Jayalah Selalu TNI AL".,"Pungkas Danlanal. 

Sementara Bupati Natuna Wan Siswandi mengucapkan selamat ulang tahun TNI AL ke 77, semoga semakin jaya dalam menjaga perairan Indonesia. Dan berharap anak anak Natuna mau bergabung untuk menjaga keutuhan NKRI. 

"Adapun rangkaian kegiatan dalam menyambut peringatan Dirgahayu ke - 77 TNI AL, diantaranya pada tanggal 06 September 2022 acara khitanan dan donor darah yang dilaksanakan di KRI Bontang - 907 yang sandar di pelabuhan Faslabuh TNI AL Selat Lampa.,"Terang Wan Siswandi. 

"Pada Tanggal 07 September 2022 gerakan Nasional Laut Bersih di Sepanjang Pantai Tjiptadi Jl. Soekarno-Hatta, Kelurahan Batu Hitam Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna.,"Ungkap Wan Siswandi. 

"Pada tanggal 09 September 2022 Gerakan Nasional Penanaman Sorgum di Dusun Pian Padang, Desa Cemaga Selatan RT 003/RW 001, Kecamatan Bunguran Selatan dan dilanjutkan sore harinya Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kelurahan Bandarsyah.,"Tegas Wan Siswandi. 

Selesai acara upacara kemudian para tamu undangan dipersilahkan untuk menaiki Tank hingga pulang sampai pintu pintu pos penjagaan Lanud Raden Sadjad. 

Pasukan upacara dalam giat tersebut terdiri Lana Ranai, Kodim 0318/Natuna, Lanud Raden Sadjad, Satgas Kompi Komposit Marinir Setengar, Polres Natuna,  Pramuka Saka Bahari. 

Alutsista yang digelar dalam upacara ini, dari Kompi Komposit Marinir Setengar 1 unit  BVP 2 Marinir dan 2 unit  RM 70 Grad  serta  Alutsista Lanal Ranai, 2 unit Kendaraan Taktis dan 2 unit Sea Rider. (Ilham)

Lebih baru Lebih lama