Bupati Natuna Resmikan Gedung Santra IKM Industri Kecil Menengah Guna Mendongkrak Perekonomian Masyarakat


Bupati Natuna Resmikan Gedung Santra IKM Industri Kecil Menengah Guna Mendongkrak Perekonomian Masyarakat

Bupati Natuna, Wan Siswandi didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Natuna, Septi Dwiani Siswandi, meresmikan penggunaan Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM)
Kwarta5.com Natuna,-Bupati Natuna, Wan Siswandi didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Natuna, Septi Dwiani Siswandi, meresmikan penggunaan Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM). Bertempat di Kelurahan Ranai Kota Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna. Senin 22/08/2022. Pukul 08.00. Pagi. 

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Ketua Komisi l DPRD Natuna, Wan Arismunandar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, Tokoh Agama serta tamu undangan lainya. 

Sambutan Bupati Natuna, Wan Siswandi, menyampaikan Alhamdulillah hari ini sudah kita resmikan pengoperasian pasar moderen IKM yang di mana dalamnya, menjual oleh-oleh asli khas Natuna, seperti ikan asap dan kerupuk atom, agar para wisatawan yang datang dapat melihat langsung dan membeli makanan khas di daerah untuk di bawak pulang. 

"Namun bersyukur atas rampung dan dioperasikannya Gedung Sentra IKM dalam rangka upaya peningkatan ekonomi masyarakat dalam waktu jangka panjang untuk kesejahteraan masyarakat dan dapat di manfaatkan dengan sebaik baiknya.,"Ungkap Wan Siswandi. 

"Pengelolaan pasar moderen bagi para pelaku usaha nantinya, dapat memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar dan membuang sampah pada tempatnya serta menjaga kerukunan antara sesama pengelola pasar, ini yang harus di perhatikan agar tidak terjadi kesalahan pahaman bagi pelaku usaha.,"Tegas Wan Siswandi. 

"Saya berharap muda-mudahan pasar moderen ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan kepada pelaku usaha itu sendiri.,"Ungkap Wan Siswandi. 

"Gedung Sentra terdiri dari 2 unit yaitu Gedung Sentra Ikan Salai dan Sentra Kerupuk Atom. Dimana masing masing unit terdiri dari ruang bahan baku, ruang produksi dan ruang display, masing masing unit juga telah dilengkapi dengan mesin produksi yang canggih yang dapat mendukung proses produksi.,"Ujar Wan Siswandi. 

"Karena Gedung Sentra industri kecil menengah yang akan menjadi pusat pengolahan hasil laut Natuna. Pasar Sentra merupakan bagian dari program Disperindag untuk memaksimalkan potensi hasil laut Natuna dengan mengelola menjadi produk yang memiliki nilai tambah.,"Pungkas Wan Siswandi. 

"Kami berharap para pelaku usaha dapat memaksimalkan pasar ini untuk mengembangkan usaha sekaligus untuk mempromosikan kekayaan produk dan kuliner yang ada di Natuna.,"Terang Wan Siswandi. 

Sementara Kepala Disperindag Natuna, Marwan Syahputra dalam laporannya mengatakan bahwa pembangunan Gedung Sentra IKM ini dibangun dengan menggunakan dana DAK Kementrian Perindustrian sebesar Rp.7,5 Miliyar Rupiah. 

"Masing masing rumah produksi diperkirakan akan memproduksi 100 sampai 200 kg perhari.,"Terang Marwan. 

"Selain bekerjasama dengan UMKM, Disperindag juga melibatkan sekolah kelautan untuk menjadikan sentra IKM dapat menjadi wadah edukasi bagi pelajar untuk mengembangkan kemampuannya di bidang keilmuan bisnis.,"Tegas Marwan. 

"Karena pembangunan Sentra IKM ini  menjadi bagian dari usaha pemerintah daerah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Natuna.,"Ungkap Marwan. 

Senada dengan ketua TP PKK Natuna, Septi Dwiani Siswandi mengaku masakan buatan murid-murid SMK Kelautan tersebut sangat enak dinikmati, dan layak untuk dipromosikan ke luar daerah. 

"Setelah saya memcicipi kue kek khas buatan anak-anak SMK kelautan yang begitu lezat dengan rasanya begitu terasa, maka saya akan memesan keu kek tersebut untuk di promosikan di tempat S Caffe milik saya ketika pengunjung datang.,"Tegas Septi. 

"Kita akan dorong mereka, agar dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para pedagang dan industri kecil menengah," tutup Septi. 

Acara pembukaan ditandai dengan penandatanganan prasati gedung Sentra IKM dan dilanjutkan dengan pembukaan papan nama Sentra IKM, lalu di tutup dengan proses tepuk tepung tawar serta dilanjutkan dengan peninjauan langsung gedung baru Sentra IKM oleh Pemerintah Daerah (Pemda). (Ilham)

Lebih baru Lebih lama