Wan Siswandi Jumpai Kemenkes RI, Agar RSUD Natuna Menjadi Tipe B


Wan Siswandi Jumpai Kemenkes RI, Agar RSUD Natuna Menjadi Tipe B

Bupati Natuna Wan Siswandi Foto Bersama Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Di Jakarta
Kwarta5.com Natuna,-Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Budi Gunadi di dampingi Sesdirjen Yankes dan Azhar Jaya, sambut baik Kunjungan Kerja (Kunker) Bupati Natuna Wan Siswandi bersama rombongan, untuk memaparkan kondisi utama tentang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna, yang sampai saat ini masih menjadi tipe C dan masih banyak kekurangan dokter spesialis serta sarana fasilitas yang lainya. Bertempat di Kantor Kementerian Kesehatan Jakarta. Kamis 02/06/2022. 

Pada kesempatan itu Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan bahwa Kabupaten Natuna merupakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di ujung perairan Laut Natuna Utara (LNU) yang berdekatan dengan beberapa Negara tetangga dan jauh dari pusat kota Provinsi Kepri. Dengan jumlah penduduk sekitar 70 ribu lebih jiwa dan 15 Kecamatan yang membutuhkan rumah sakit tipe B dengan di lengkapi fasilitas dan para tenaga medis agar mendapat memberikan pelayaan yang terbaik terhadap masyarakat saat berobat di RSUD. 

"Meski tidak termasuk di dalam lima pilar percepatan pembagunan di bidang kesehatan yang di sampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, tetapi pemerintah daerah ingin memprioritaskan kesehatan untuk masyarakat agar rumah sakit natuna yang dulunya, tipe C naik menjadi tipe B"Ungkap Wan Siswandi. 

"Agar masyarakat natuna mendapatkan pelayanan pengobatan yang terbaik di RSUD daerah sendiri, tampa harus di rujuk ke luar daerah yang menelan biaya yang cukup mahal saat berobat.,"Terang Wan Siswandi. 

Masih Bupati Natuna memaparkan bahwa untuk menjadikan RSUD Natuna dari tipe C menjadi tipe B, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seperti penambahan ruang inap pasien dari 100 tempat tidur menjadi 200 kelengkapan peralatan kesehatan, obat-obatan dan yang terpenting adanya beberapa dokter spesialis. 

"Oleh sebab itu pemerintah daerah langsung menjumpai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk berkoordiasi tentang persyaratan atau kelengkapan dokumentasi yang diperlukan agar RSUD Natuna, naik ke tipe B demi untuk kesehatan masyarakat yang sedang berobat"Tegas Wan Siswandi. 

"Kerena mengingat Kabupaten Natuna juga merupakan benteng pertahaan militer yang akan menambah jumlah Prajurit TNI-Polri untuk menjaga Kedalautan NKRI sehingga RSUD harus memadai untuk mendukung sektor pertahanan di natuna.,"Terang Wan Siswandi. 

"Alhamdulillah, apa yang sudah di sampikan kepada kementerian Kesehatan Republik Indonesia mendapatkan respon yang baik untuk menjadikan RSUD Natuna menjadi tipe B agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di wilayah terluar NKRI.,"terang Wan Siswandi. (Ilham)

Lebih baru Lebih lama