PLN Batam Gandeng Pemuda Tani Kreatif Bagikan Pupuk Organik dan Tepung Mocaf Gratis


PLN Batam Gandeng Pemuda Tani Kreatif Bagikan Pupuk Organik dan Tepung Mocaf Gratis

Kwarta5.com Batam,- Kelompok Pemuda Tani Kreatif dibawah binaan Bright PLN Batam berhasil memproduksi Pupuk Organik Cair (POC) dan Tepung Mocaf. Kedua produk itu diperkenalkan perdana kepada masyarakat bersampena dengan hari lingkungan hidup sedunia 5 Juni 2022.

Ketua Pemuda Tani Kreatif kota Batam, Habibi menyebut pupuk organik cair yang diberi nama Suneo itu diyakini dapat meningkatkan hasil pertanian lebih maksimal dan berkelanjutan. Sedangkan tepung Mocaf diproduksi dari ekstraksi pati dari umbi singkong lebih kaya karbohidrat dan memiliki gelasi yang lebih rendah dibandingkan tepung terigu.

Kedua produk tersebut dibagikan secara gratis kepada para kelompok tani, mahasiswa dan tamu undangan.

Sementara itu, Hadir mewakili Direktur Utama Bright PLN Batam, Hamidi menyebut dana CSR perusahaan juga menjangkau sektor lingkungan hidup.

Pembinaan ini sebagai wujud CSR Bright PLN Batam kepada masyarakat Batam di sektor lingkungan hidup,” ungkap Corporate Secretary bright PLN Batam, Hamidi Hamid ke awak media, Senin (6/6/2022), Ruko Legenda Point, Blok A nomor 10-11, Batam Centre.

Sebagai upaya menyempurnakan hasil produksi POC tersebut, pihaknya akan melengkapi dokumen perizinan, melakukan evaluasi dan analisas serta kemitraan sebelum nantinya berlanjut ke kelompok petani lainnya yang tersebar di Kota Batam.

“Ini tahap awal, secara bertahap kita juga menyasar kelompok lain,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Mardanis mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik pembinaan yang dilakukan oleh bright PLN Batam, terlebih menurutnya kelompok yang dibina betul-betul merupakan kelompok pemuda lokal.

“Pemerintah menyambut baik, upaya ini dalam rangka memenuhi kebutuhan pupuk lokal yang lebih terjangkau,” ungkapnya ke awak media.

Sebagai langkah kongkrit, Dinasnya akan memberikan rekomendasi teknis kepada Kelompok Petir guna memudahkan dalam pengurusan izin serta mendapat mesin produksi dari pemerintah.

Sementara dari sisi pemasaran, Mardanis berjanji akan memperkenalkan POC hasil produksi Pemuda Tani Kreatif ke 1000 petani di yang menjadi binaan dinas nya. Sehingga nantinya bisa menjadi pupuk pilihan masyarakat yang terjangkau.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam Asimah, segenap pimpinan Bright PLN Kota Batam, Himpunan Kelompok Tani (HKTI) Kota Batam, Perempuan Tani, kelomlok mahasiswa dan undangan lainnya.

**
Lebih baru Lebih lama