Sekda Natuna Bersama Forkopimda Pantau Arus Mudik Transportasi Laut Di Pelabuhan Penagi


Sekda Natuna Bersama Forkopimda Pantau Arus Mudik Transportasi Laut Di Pelabuhan Penagi


Sekda Natuna Bersama Forkopimda Dan Ketua Komisi l DPRD Natuna Foto Bersama
Kwarta5.com Natuna,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko bersama Forkopimda Natuna memantau turun naik penumpang Kapal RoRo KMP Bahtera Nusantara 01 di Pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Sabtu (7/5/2022). 

Pemantauan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik lebaran 1443 Hijriah. Diketahui pada saat mudik dan arus balik lebaran jumlah penumpang KMP Bahtera Nusantara 01 mengalami peningkatan hingga 70 persen. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala UPT. Penyelengara Pelabuhan Wilayah IV Kabupaten Natuna dan Anambas, Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Muhammad Fadhal. 

Saat KMP Bahtera Nusantara 01 berlabuh di Pelabuhan Penagi sekitar pukul 6.30 WIB, Sekda Boy bersama Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy, Ka Basarnas Natuna Mexianus Bekabel, Ketua Komisi 1 DPRD Natuna Wan Arismunandar, Wakapolres Natuna Kompol Feri Afrizon, Kadishub Natuna Allazi, Camat Bunguran Timur Hamid Hasnan, melaksanakan monitoring turun naik penumpang dan pengecekan Pos Pelayanan. 

"Hari ini ada kapal KMP Bahtera Nusantara 01 membawa penumpang dan barang di Pelabuhan Penagi, kita memantau agar penumpang yang turun dan naik berjalan lancar agar masyarakat bisa merasa nyaman dan aman," kata Boy. 

Tampak, ada ratusan penumpang yang turun di Pelabuhan Penagi. Petugas yang terdiri dari berbagai instansi pun melakukan pengecekan kepada setiap penumpang, berupa pengecekan suhu tubuh, sertifikat vaksinasi dosis ketiga atau surat keterangan negatif antigen dan mengenakan masker. 

Diketahui, kapal tersebut selanjutnya akan lanjut berlayar menuju Pulau Subi, Serasan dan Sintete di Kalimantan Barat. 

Di lokasi sama, Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy menegaskan pengecekan ini dimaksudkan memberikan pelayanan dan rasa aman kepada masyarakat saat arus balik lebaran 1443 Hijriah. 

Ia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat Natuna yang melaksanakan liburan di akhir pekan ini, untuk tetap waspada dan berhati-hati saat bermain air di pantai, tetap perhatikan anak-anak, ini dimaksudkan agar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Cek betul kesiapan kendaraan bermotor, baik roda 4 maupun roda 2, untuk pengguna sepeda motor agar menggunakan helm, kurangi kecepatan, sayangi keluarga dan anak anak, sehingga kecelakaan lalu lintas tidak terjadi di Natuna. 

Untuk Kapal motor yang menjadi transportasi antar pulau tiap kecamatan (pompong), sediakan pelampung keselamatan (life jacket), dan jangan memaksakan dengan muatan penumpang berlebih," kata Kapolres Natuna 

Selain itu, Kapolres Natuna juga memberi arahan agar anggota jaga di setiap Pos tetap semangat dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. 

"Semoga dengan kesiapsiagaan kita, semua kegiatan pelayanan dan pengamanan Ops Ketupat Seligi 2022 di Kabupaten Natuna  berjalan aman dan kondusif," tandasnya.(ilham)

Lebih baru Lebih lama