TP-PKK Kepri Gelar Cek Kesehatan Gratis dan Goro di Kampung Panglong


TP-PKK Kepri Gelar Cek Kesehatan Gratis dan Goro di Kampung Panglong

Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar  bersilaturahmi dan dialog dengan masyarakat pesisir di Kampung Panglong, Desa Berakit, Bintan,
Foto. (H Kepri)
Kwarta5.com Batam,-Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar  bersilaturahmi dan dialog dengan masyarakat pesisir di Kampung Panglong, Desa Berakit, Bintan, Senin (14/03/2022). Dewi Ansar sekaligus menggelar cek kesehatan gratis dan gotong royong untuk masyarakat Kampung Panglong. 

Dihadapan warga, Dewi Ansar mengatakan maksud kunjungannya untuk menjemput aspirasi dari masyarakat sekaligus menjelaskan berbagai program pemerintah untuk mensejahterakan warga Kampung Panglong. 

"Kampung Panglong adalah kampung yang istimewa karena kampung ini menyimpan potensi pariwisata dan potensi usaha rakyat yang sangat besar," ujar Dewi Ansar. 

Dirinya menyebutkan salah satu program utama pemerintah saat ini adalah memulihkan perekonomian melalui pariwisata. Kampung Panglong yang memiliki wisata mangrove dan dapur arang pun harus bersiap menata kawasannya agar menarik para wisatawan datang. 

Terlebih, menurut Dewi Ansar pelabuhan Berakit yang selama ini tidak beroperasi akan segera dimanfaatkan Gubernur Ansar untuk menjadi pintu masuk wisatawan. 

"Maka dari itu Kampung Panglong harus bisa menjadi perhatian pertama para wisatawan yang datang dari pelabuhan," kata Dewi Ansar. 

Selain sebagai Ketua TP-PKK Kepri, Dewi Ansar yang juga menjabat Ketua Dekranasda Kepri mengaku siap mendukung produk olahan UMKM di Kampung Panglong seperti gamat dan produk laut lainnya agar memiliki nilai jual yang tinggi. 

"Sehingga tidak hanya pasar lokal saja yang kita sasar, tetapi juga pasar ekspor bisa kita tembus kalau produknya bermutu tinggi," kata Dewi Ansar. 

Dalam dialog yang berlangsung hangat, Dewi Ansar menerima berbagai masukan dan harapan dari warga Kampung Panglong. Seperti perbaikan rumah, penyediaan bus sekolah, renovasi rumah ibadah, dan harapan bantuan untuk UMKM. 

Menanggapi aspirasi dari masyarakat, Dewi Ansar langsung menjelaskan jika Pemerintah Provinsi Kepri sudah mempunyai program subsidi bunga nol persen untuk modal usaha yang bekerjasama dengan Bank Riau Kepri. Program yang digagas Gubernur Ansar sudah terbukti sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menstimulus usaha mereka. 

"Bantuan subsidi bunga nol persen itu sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, warga Kampung Panglong pun harus merasakan manfaat dari program subsidi bunga nol persen," kata Dewi Ansar. 

Di saat yang sama, warga Kampung Panglong tampak antusias mengikuti cek kesehatan gratis yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Kepri. Tim Dinkes Kepri menyediakan cek tekanan darah, gula darah, dan membawa berbagai obat-obatan untuk warga Kampung Panglong. 

Selain itu, Dewi Ansar juga memberikan bantuan beras kepada warga Kampung Panglong yang berjumlah 85 kepala keluarga. Setiap kepala keluarga menerima bantuan beras dari Dewi Ansar sebanyak 5 kilogram.(jlu)

Lebih baru Lebih lama