HUT HPN Tahun 2022, Rutan Tanjungpinang Beri Kejutan Kue Ulang Tahun ke SMSI


HUT HPN Tahun 2022, Rutan Tanjungpinang Beri Kejutan Kue Ulang Tahun ke SMSI

Kwarta5.com Tanjungpinang,-Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Kota Tanjungpinang, ikut ambil bagian di Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022. Secara tiba-tiba, beberapa personil pegawai mendatangi Sekretariat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kepulauan Riau, Jalan Engku Puteri Tanjungpinang, Rabu (9/2/2022).

Kedatangan personil yang dimotori bagian humas Rutan ini, disambut langsung Ketua SMSI Provinsi Kepri, Zakmi Kamsir, Ikut  mendampingi Ketua SMSI Kabupaten Bintan Ramdan, serta beberapa pengurus SMSI lainnya. 

''Kita diperintah Kepala Rumah Tahanan (Karutan) memberi kejutan sempena peringatan Hari Pers Nasional, buat teman-teman SMSI. Selama ini, kita menilai telah terjalin hubungan kemitraan yang bagus antara Rutan dengan teman-teman pers,''ujar Agapendo, personil humas Rutan.

Pertemuan sekitar satu setengah jam ini terlihat penuh akrab dan santai. saat beberapa pertanyaan nyeleneh terlontar dari beberapa wartawan. 

''Waduh jangan keras-keras pertanyaannya, bang kami hanya anak buah,''ujar Suderianto, personil Humas Rutan. 

Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 ini, Suderianto atas nama Karutan Tanjungpinang, Eri Erawan, berharap peran pers semakin bagus. Fungsi kontrol terhadap kebijakan pemerintah, telah dilakukan secara proporsional dan penuh tanggungjawab. 

Berbicara fungsi pengayom terhadap warga binaan yang ada di Rutan Tanjungpinang, Suderianto menjelaskan telah berjalan maksimal. Rutan memiliki tiga fungsi dalam menyelenggarakan tugasnya, melakukan pelayanan tahanan, melakukan pemeliharaan keamanan dan tata tertib rutan serta melakukan pengelolaan rutan.

Untuk pelayanan tahanan, katanya beberapa program pembinaan telah diberikan. Seperti memberi kesempatan kepada warga binaan, membuah kerajinan tangan. 

''Saat ini telah banyak kerajinan dibuat oleh warga binaan Rutan Tanjungpinang. Seperti kerajinan meubel, merangkai bunga, dan sebagainya,''ujar Suderianto, ikut diamini Agapendo dan personil lainnya. 

Ketua SMSI Provinsi Kepri, Zakmi Kamsir, mengucapkan terima kasih atas apresiasi Rutan Tanjungpinang sempena peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 ini. 

Dalam Pasal 1 butir (1) Undang- Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, dibunyikan pers merupakan lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik, meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar dan sebagainya. 

''Saya menilai teman-teman wartawan telah melakukannya. Momen Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 ini, kita komitmen akan lebih meningkatkan peran jurnalistik secara terarah dan bertanggungjawab,''tutupnya.

(***)

Lebih baru Lebih lama