Peserta UKW Gratis di Palembang Antusias Ikut Pra-UKW


Peserta UKW Gratis di Palembang Antusias Ikut Pra-UKW

Kwarta5.com Palembang,- Para peserta UKW (Uji Kompetensi Wartawan) gratis program Dewan Pers di Kota Palembang antusias mengikuti seluruh rangkaian Pra-UKW via zoom, Selasa (15/6/2021).

Mereka yang lulus program Pra-UKW inilah yang berhak mengikuti UKW yang digelar oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta yang difasilitasi Dewan Pers di Hotel Aston Palembang, 25-26 Juni 2021 mendatang. 

Kegiatan Pra-UKW yang digelar via zoom itu diawali dengan Pra-Test dan ditutup dengan Post-Test. Paparan awal disampaikan oleh anggota Dewan Pers, Hassanein Rais yang materi paparannya bertema, "Filosofi Pers". 

Dalam paparannya, Hassanein Rais yang juga dosen kampus ternama di Jakarta itu mengutip 9 elemen jurnalisme dari buku karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel. 

Yaitu, pertama, kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran. Kedua, loyalitas pertama jurnalisme kepada warga. Ketiga, intisari jurnalisme adalah disiplin dalam verifikasi. 

Keempat, praktisi jurnalisme harus menjaga independensi terhadap narasumber. 

Kelima, jurnalisme harus berlaku sebagai pemantau kekuasaan. Keenam, jurnalisme harus menyediakan forum publik untuk kritik maupun dukungan warga

Ketujuh, jurnalisme harus berupaya membuat hal yang penting menarik dan relevan. Kedelapan, jurnalisme harus menjaga agar berita komprehensif dan proporsional. Kesembilan, para praktisinya harus diperbolehkan mengikuti nurani mereka.

Selanjutnya, Sika Nur Indah menyampaikan materi bertema 'Kode Etik Jurnalistik dan Hukum Pers'. Dilanjutkan dengan materi bertema 'Teknik Wawancara dan Penulisan Berita' yang disampaikan Khuswatun Hasanah.

Moderator Pra-UKW, Arif Wibawa mengatakan, para calon peserta UKW Gratis di Palembang sangat antusias. Meskipun diantara mereka ada yang tinggal di daerah dengan keterbatasan akses dan sinyal internet. 

"Sangat antusias, mereka mengikuti dari awal sampai akhir kegiatan pembekalan Pra-UKW. Alhamdulillah, kegiatan ini berlangsung lancar dan baik," ujar Arif Wibawa. 

Dari semua sesi yang telah diikuti para peserta, lanjut Arif Wibawa, diakhiri dengan post-test. Setelah sebelumnya diawali dengan post-test. 

"Nilai dari hasil pra-test dan post-test itulah yang kemudian dijadikan dasar untuk memutuskan 54 orang peserta UKW gratis di Palembang ini," tambah Wakil Direktur LPK Wartawan UPNVY

Sementara itu, Direktur UKW UPN Veteran Yogyakarta, Susilastuti DN mengatakan, untuk UKW gratis di Palembang ini, dari 9 kelompok terdapat satu kelompok (6 wartawan) televisi yang ikut dan satu kelompok lagi jenjang madya. 

"Semua peserta wajib lulus Pra-UKW dan memenuhi syarat administrasi, hasil kelulusan dikirim via email ke setiap peserta," ujar Susilastuti DN.

(Ril)

Lebih baru Lebih lama