Ini Perjalanan Karir Wan Siswandi Sebelum Menjadi Bupati Natuna


Ini Perjalanan Karir Wan Siswandi Sebelum Menjadi Bupati Natuna

Kwarta5.com Natuna,- Calon Bupati dan Wakil Bupati Natuna Wan Siswandi dan Rodihal Huda, merupakan dua orang putra kelahiran Kabupaten Natuna yang akan memimpin di Pemerintahan Daerah, Periode 2021-2024, tepatnya pada hari Senin 24 Mei 2021,kedua putra Kabupaten Natuna ini akan segera di lantik oleh Gebenur Kepulauan Riau 

Namun kedua pemimpin ini memiliki keunggulan yang berbeda-beda salah satunya Wan Siswandi memiliki banyak prestasi di dunia birokrat, dan Rodihal Huda, merupakan salah seorang tokoh maritim Nasional yang juga merupakan asli putra daerah Natuna, berkelahiran  Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat.

Dilansir dari status akun Facebooknya, Minggu (23/5/2021), Siswandi terlahir dari pasangan Wan Abdulatif dan Wan Aminah, lahir di Desa Sungai Ulu pada tanggal 02 Januari, 1969 silam.

Pada tahun 1983, Siswandi mengakhiri masa sekolah pendidikan dasar di SD Negeri 009 Sepempang. Kemudian melanjutkan ke tingkat menengah pertama di SMP Negeri 1 Ranai, hingga menyelesaikan bangku sekolahnya di SMA 1 Ranai tahun 1998.

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah di Natuna, kemudian Ia melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pada Universitas Islam Riau, meraih ijazah S1 hingga S2 di universitas yang sama Tahun 2009.

Nama Siswandi sebenarnya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Natuna, pasalnya ia memiliki banyak pengalaman menduduki jabatan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Natuna.

Sebelumnya diketahui Siswandi meniti karier awalnya sebagai Kepala Desa Sepempang pada tahun 1997-2000 lalu.

Pada saat itu, ia mengikuti tes PNS dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dan lulus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Di bidang Pemerintahan, Siswandi menduduki sejumlah jabatan lainnya seperti Sekretaris Kelurahan Ranai pada di Tahun 2003-2004.

Kemudian Pada tahun 2004-2005, Siswandi menduduki jabatan sebagai Lurah Ranai, sementara pada tahun 2005-2006, Ia pun sempat menjabat sebagai Camat Bunguran Timur.

Selanjutnya Siswandi kembali diamanahkan sebagai Kepala Bagian Kepegawaian di Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna pada Tahun 2006-2008.

Seiring berjalannya waktu, karir Siswandi pun terbilang semakin melesat, ia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Natuna Tahun 2008-2011 dan menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Natuna Tahun 2011-2016.

Tidak hanya itu, lelaki yang dikenal akrab dengan masyarakat ini juga sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Natuna.

Padaa tahun 2016 puncak karir Siswandi sebagai Abdi Negara akhirnya diamanahkan sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna ,selama 4 tahun.

Atas rencana dan niat baik ini, tentunya pasangan Siwandi-Rodhial Huda mengharapkan do’a serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, agar terwujudnya Natuna lebih maju kedepannya.

(Ham)

Lebih baru Lebih lama