Bantu Warga Miskin dan Kesusahan Rahma Keliling Kampung Dan Rumah Sakit



Bantu Warga Miskin dan Kesusahan Rahma Keliling Kampung Dan Rumah Sakit


Kwarta5.com Tanjungpinang - Komitmen Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP untuk terus membantu masyarakatnya yang mengalami kesusahan terus dilakukan ditengah kesibukannya. Rahma selalu hadir ditengah masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Belum lama Rahma memimpin Kota Tanjungpinang, namun sudah banyak yang beliau lakukan untuk masyarakat. Rahma dekat dengan warganya dibuktikan dengan seringnya Rahma berkeliling berbelanja masalah yang ada di tengah masyarakat.

Melalui zakat profesi dari ASN Pemko yang bersedia menyisihkan 2,5% dari penghasilannya, dikumpulkan dan disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tanjungpinang, Pemerintah membantu masyarakatnya baik berupa barang kebutuhan, santunan, perbaikan RTLH, serta membantu pelaku UMKM agar terus dapat bertahan di tengah pandemi yang sangat terdampak.

Dimulai dari November 2020 lalu, bantuan yang bersumber dari zakat ini disalurkan untuk bedah rumah di Sei Carang. Bantuan ini bukan bersumber dari APBD, sehingga tidak memerlukan prosedur administrasi yang panjang, hanya dengan melaporkan kepada RT, RW dan Lurah setempat, asalkan masuk dalam kategori 8 asnaf yang berhak menerima zakat, yaitu fakir, miskin, muallaf, muslim, riqab, gharim, fisabilillah, serta ibnu sabil.

Tidak berhenti disitu, bantuan juga diberikan kepada masyarakat yang sakit. Diantaranya Balita yang mengalami tumor mata, lansia penderita kanker paru-paru, lansia yang mengalami lakalantas, dan baru baru ini Rahma serahkan bantuan untuk Bayi 9 hari yang mengalami pendarahan di Lambung, dan sudah dilakukan Operasi di rujuk ke RS Batam. Pemerintah juga memfasilitasi dan mempermudah pengurusan administrasi yang dibutuhkan dengan Dinas terkait.

Selain itu, untuk membantu pelaku UMKM, Pemerintah mendukung dengan memberikan barang kebutuhan usaha yang dimiliki seperti alat jaring, panci, kompor, gerobak jualan dan sebagainya, agar usaha mereka dapat terus berjalan dan tidak gulung tikar ditengah pandemi ini.

Melalui program jumat berkah, sebutir beras segenggam kasih kasih sayang, Pemerintah bersama seluruh jajarannya memberikan bantuan beras berkeliling mesjid untuk membagikan secara langsung kepada masyarakat.

“Apapun yang menjadi permasalahan masyarakat di Kota Tanjungpinang, ada tanggungjawab pemerintah didalamnya. Untuk itu, berbagai usaha dan upaya akan pemerintah lakukan untuk membantu meringankan dan memfasilitasi semaksimal mungkin. Ada yang bisa diakomodir melalui APBD, juga dapat melalui zakat ASN”, jelas Rahma.

Dalam menyalurkan bantuan, ada peran serta Baznas yang ikut mendampingi dan telah sesuai dengan kriteria penerima zakat. “Insha Allah segala bentuk bantuan yang diberikan sudah tepat sasaran dan penerima bantuan adalah mereka yang berhak menerima zakat”, jelas Rahma.


Yanto/rls

Lebih baru Lebih lama