Walikota Tanjungpinang Fasilitasi Produk UMKM di 6 Swalayan Secara Gratis



Walikota Tanjungpinang Fasilitasi Produk UMKM di 6 Swalayan Secara Gratis

Walikota Tanjungpinang sa'at mengunjungi salah satu swalayan di kota Tanjungpinang/ist
Kwarta5.com Tanjungpinang,-Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.Ip fasilitasi produk-produk UMKM di enam swalayan secara gratis. Hal tersebut bertujuan agar UMKM yang ada di Kota Tanjungpinang kembali bangkit. Rabu (27/1/2021).

Walikota Tanjungpinang bersama OPD terkait,melakukan peninjauan ke beberapa swalayan terkait kesiapan penjualan produk UMKM yang rencananya akan dimulai awal Februari mendatang. Adapun produk UMKM yang akan dihadirkan dan bersaing dengan  produk luar Tanjungpinang berupa makan ringan dan aneka kerupuk yang sudah dibungkus dengan tampilan yang sangat menarik. Selain itu juga, kemasan produk tersebut telah lulus dari Dinas Kesehatan,memiliki IRT, lebel halal, komposisi serta tanggal kadaluarsa. "Sebagai konsumen cerdas, tentulah kita perlu memperhatikan hal tersebut agar tidak salah dalam membeli, ujar Rahma.

Adapun lokasi swalayan yang dikunjungi dan telah memberikan ruang untuk UMKM Tanjungpinang tersebut yaitu: Swalayan Zoom, Pasar Raya 21, Swalayan Kurnia, Hypermart Mall TCC, Swalayan Pinang Lestari dan berakhir di Swalayan Pinang Kencana. 

Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP menyampaikan bahwa Pemberdayaan UMKM terbukti menjadi penggerak roda perekonomian nasional dengan kontribusi dan perannya dalam menyerap tenaga kerja lebih banyak, dan membuktikan bahwa UMKM mampu menekan jumlah angka pengangguran dan kemiskinan.

"Dalam masa pandemi Covid-19 ini banyak sektor yang terdampak, meski begitu UMKM tetap bertahan. Saya selaku Walikota Tanjungpinang akan selalu berpihak terhadap UMKM yang ada di Kota Tanjungpinang. Pemerintah akan tetap komit mendampingi UMKM untuk bertahan, dengan cara bekerjasama dengan Swalayan yang ada untuk mempromosikan produk UMKM dan harus semakin berkembang dan naik kelas." Ucap Rahma.

Menurut Rahma, kemajuan UMKM  bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah sebagai pendorong utama kemajuan ekonomi lokal, selain itu juga pihak swasta. Ia  berharap pelaku UMKM untuk terus semangat melakukan usaha di masa pendemi saat ini. 

"Saya berharap meskipun saat ini masih terdampak pandemi covid 19, namun harus terus semangat dalam memajukan produk UMKM. Saya akan mengajak rekan-rekan dari pengusaha Swalayan untuk memulai kerjasama dengan para pelaku UMKM melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Tentunya UMKM harus memenuhi beberapa persyaratan dan yang terpenting harus dengan packaging yang bagus dan menarik agar bisa menjadi daya tarik konsumen untuk membeli, serta bisa membuka peluang pasar yang lebih baik." Harap Rahma. 

Pihak pengola swalayan merasa senang dapat membatu UMKM dalam memasarkan produknya sebagai wujud kepedulian mereka. Pihak Swalayan juga telah memberi ruang yang cukup strategis, mudah dijangkau dan terlihat oleh setiap pengunjung. Pemerintah juga sudah menyiapkan SPG khusus yang akan memasarkan masing-masing produk UMKM di setiap Swalayan" tutup Rahma. 


Yusdianto

Lebih baru Lebih lama