Jelang Pilwakot Makasar Appi-Rahman Meroket Tinggalkan 3 Kandidat


Jelang Pilwakot Makasar Appi-Rahman Meroket Tinggalkan 3 Kandidat

Kwarta5.com Makasar,- Survei Roda Tiga Konsultan soal Elektabilitas: Danny-Fatma 32,5%, Appi-Rahman 33,1% sebuah ekspektasi No urut 2 lebih menjadi peluang menakhodai Kota Makasar.

Di atas kertas secara ilmiah Appi-Rahman lah yang akan memenangkan Pilwali kota Makassar melihat dari tren linenya,

Menjelang detik detik terakhir masa pencoblosan para penantang yang masuk bursa bakal calon utamanya Paslon nomor 2 itu menggerakan timnya untuk lebih massif turun ke masyarakat. 

"Survei elektabilitas paslon no urut 2, itu luar biasa, meski dikalangan masyarakat Sul sel diketahui sebelumnya, paslon Appi-Rahman menghadirkan berbagai program yang sesuai kebutuhan saat ini seperti fokus pada penanggulangan COVID-19 dan membangkitkan perekonomian lewar berbagai program-program unggulan,"ujar warga kota Makasar Iwan 

Menurut Iwan, program unggulan seperti menghadirkan Duta Sehat dan Satgas Kesehatan, membagikan hingga 4 juta masker pada lapisan masyarakat dan Nakes setempat. 

Serta program relaksasi pajak yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat utamanya pelaku usaha kecil menengah yang terdampak COVID-19.

"Ini mungkin butuh riset lebih komprehensif lagi. Tapi secara umum, masyarakat Makasar menginginkan program yang dibutuhkan dan kemungkinan Paslon nomor 2 ini bisa menjangkau itu dan akhirnya elektabilitasnya meroket," jelasnya.

Kata dia,  meroketnya elektabilitas Appi-Rahman ini juga lantaran merebut suara paling banyak dari Swing Voters, Undecided Voters, hingga suara Paslon nomor 1.

"Tren linenya bisa dilihat dari survei awal hingga akhir, jumlah Swing Voters dan Undecided Voters berkurang, artinya sudah pindah dan paling banyak itu ke Paslon nomor 2. Tak hanya itu suara Paslon 1 yang berkurang kemungkinan besar ke Paslon 2," paparnya saat ditemui di kawasan Menteng,Jakpus.

Sebelumnya, Roda Tiga Konsultan merilis hasil survei Pilwali Makassar ke publik, Rabu (2/12), bertempat di Hotel Gammara, Jl Metro Tanjung Bunga. 

Data yang dijabarkan Roda Tiga Konsultan yakni trendline masing-masing Paslon dari empat kali survei yang telah dilakoni. Termasuk survei terakhir digelar, 14-16 November 2020 lalu. 

Hasil survei secara lebih objektif menunjukan Paslon nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman), mengungguli Paslon lainnya.

Ada dua jenis survei yang dilakukan pada sesi survei terakhir Roda Tiga Konsultan ini. Pertama, responden diberikan lembar simulasi kertas, kemudian diminta untuk mencoblos atau mencontreng seolah-olah berada di bilik suara.

Hasilnya Appi-Rahman berada di posisi teratas dengan angka 33,1 persen. Disusul Adama 32,5 persen, Dilan 10,4 persen, dan Imun 3,7 persen.

Adapun yang masih merahasiakan yakni 12,7 persen dan tidak tahu/tidak menjawab 7,7 persen. Sedangkan pada jenis survei pertanyaan terbuka, hasilnya juga tak jauh berbeda

Sementara, Appi-Rahman memiliki angka elektabilitas 33,6 persen. Adama 33,2 persen, Dilan 10,7 persen, dan Imun 3,8 persen. Yang masih merahasiakan yakni 11,9 persen dan tidak tahu/tidak menjawab 6,9 persen.

Diketahui, survei Roda Tiga Konsultan ini menggunakan metode Stratified Systemic Random dengan 820 respon yang tersebar di 15 Kecamatan.

Kepercayaan publik dan tokoh Nasional,  atas unggulnya hasil survei jelang putaran final 9 Desember 2020 pilwakot Makasar turut disambut hangat  Sandiaga Uno. 

"Dukung Appi-Rahman di Pilwalkot Makassar, bisa buka Lapangan kerja, maka hasil survei dengan trend progres elektabilitas grafik naik secara linear sebuah realita yang patut diapresiasi,"ujar Sandiaga Uno.

Sebutan nama Appi dari keluarga besar JK mantan presiden RI dan Rahman Bando adik kandung Bupati Enrekang dua periode juga tokoh Maspul dan Nasional H.Muslimin Bando.

(liq/ega).

Lebih baru Lebih lama