Puskemas Tajur Biru Kecamatan Temiang Pesisir Gelar Loka Karya Mini Lintas Sektor

Kwarta5.com Lingga - Puskesmas Tajur Biru,Kecamatan Temiang Pesisir,Kabupaten Lingga  telah mengelar acara Lokakarya Mini Lintas Sektoral Triwulan III di Kecamatan Katang Bidare.

Bertemakan Pemantapan peran Lintas sektor dalam mensukseskan program kesehatan tahun 2019 Menuju Pengkalan sehat 2020 di Gedung Pusat oleh-oleh Desa Benan. Selasa (15/10/2019)

Biasa nya kegiatan ini di laksanakan di Desa Tajur Biru oleh karna letak Pkm berada di Tajur Biru , kegiatan  kali ini di laksanakan di Desa Benan, Kecamatan Katang Bidare, degan alasan untuk silaturahmi dan penyegaran suasana bagi Lintas Sektor PKM.

Kegiatan ini juga di hadiri Kabid p2p Dinkes, tiga kasi perwakilan dari tiga Kecamatan, 11 Kades, RT, RW, Kadus, Kepsek SD, SMP, SMA, petugas kesehatan yang tersebar di 27 pustu polindes  , perwakilan 1 kader  dari masing-masing 28 posyandu  dari 11 desa dan tokoh masyarakat.

Pemaparan dan pembahasan capaian standart pelayanan minima (SPM) sampai dengan  triwulan lll, pemaparan hasil Pis Pk  Tahun 2018  dari 12 indikator UWSPM, terdapat beberape indikator yang belum mencapai target (100 persen), salah satunya persalinan di fasilitas kesehatan dan pelayanan kesehatan balita, sosialisasi program desa siaga dan stiker p4k ( program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi) utk menunjang peningkatan cakupan persalinan di faskes  upaya dalam mencegah terjadinya angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI ,AKB)

"Kepala Puskesmas Tajur Biru Suhaimi A.Md.keb.dalam kata sambutan nya menyampaikan,Peran posyandu sangat banyak, salah satu nya posyandu tempat untuk melaksakan kegiatan pemantauan tubuh kembang balita, bila  posyandu bisa melaksanakan kegiatanya dengan maksimal, maka bayi balita akan terpantau tumbuh kembang nya, sehingga bila terdapat penyimpangan bisa segera di intervensi sekaligus bisa cegah stunting pada bayi balita"Lanjut nya

Kegiatan Lokakarya Mini ini untuk memelihara kerjasama lintas sektoral Kecamatan Katang Bidare, Temiang Pesisir dan Kecamatan Bakung Serumpun, dalam rangka melakukan upaya optimalisasai peran Lintas Sektoral, dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.

Tentunya untuk menarik minat ibu balita supaya membawa bayi nya timbang  perlu adanya bangunan posyandu yang aman dan nyaman selama kegiatan, inovasi adanya mainan yang  bisa di dapat dari sumbangan mainan bekas dari ibu-ibu balita itu sendiri.

"Ucapan Trima kasih kepada  Camat Katang Bidare yang sudah memfasilitasi kegiatan ini, dan juga kades Desa Benan yang sudah menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini. Antusias  peserta undangan dengan di tandai banyak pertanyaan serta masukan dalam menunjang capaian program puskesmas.Insya Allah kedepan nya nya nanti kegiatan  serupa mungkin akan di adakan di Kecamatan Bakung Serumpun." Tutupnya

(Iwan)

Powered by Blogger.