Bappelitbang Lingga Buka Rapat Forum Data SIPD

Kwarta5.com Lingga -  Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Lingga membuka rapat forum data dalam Sistem Informasi Daerah (SIPD) di ruang rapat lantai II BPPP Kabupaten Lingga. Senin (14/10/2019)

Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) adalah suatu sistem yang digunakan untuk pengelolaan data dan informasi, penyusunan, monitoring, dan evaluasi dokumen rencana pembangunan daerah.

Pada kesempatan ini rapat dipimpin oleh Seketaris Bappelitbang Said Ibrahim mewakili Kepala Badan Bappelitbang M. Aswad, dengan dihadiri Kepala OPD yang didampingi Kasubag perencanaan dan evaluasi.

Dalam penyampaiannya, Seketaris Bappelitbang Said Ibrahim mengatakan, kewajiban Pemerintah daerah melakukan pemetaan, pengumpulan, pengisian, validasi, serta evaluasi data pembangunan daerah dengan menggunakan aplikasi Data Berbasis Eletronik/e-Database, e-Planning, e-Monev dan e-Reporting (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 2).

“Perencanaan pembangunan yang tepat sasaran dan dapat menjawab permasalahan daerah memerlukan data berkualitas, akurat, lengkap, relevan, berkesinambungan, dan terkini yang bersumber dari berbagai instansi” ucapnya

Dikatakannya dalam pengelolaan aplikasi, perangkat daerah bertugas selaku produsen data (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 6 ayat 2). Dalam pengelolaan aplikasi, perangkat daerah yang membidangi statistik bertugas selaku wali data (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 6 ayat 3). Pengisian data, dilaksanakan oleh produsen data dan dikoordinasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Permendagri 98 Tahun 2018 pasal 7 ayat 4).

“ Upaya yang perlu dilakukan ialah perangkat daerah bersama wali data dan Bappelitbang perlu segera melakukan pemetaan kebutuhan data perencanaan pembangunan. Yang selanjuntya perangkat daerah perlu meningkatkan kualitas data dengan melakukan standarisasi metadata sesuai kewenangannya”tutur Seketaris Bappelitbang Lingga ini.

Tambahnya, perangkat daerah level Kabupaten lebih mengoptimalkan sesuai dengan urusan kewenangannya terkait pengelolaan e-Databese SIPD.

“Perlu dilakukan koordinasi secara berkala terkait keberlanjutan forum data dalam hal mendukung perwujudan satu data Kabupaten Lingga” tutupnya.

(Iwan)

Powered by Blogger.