Ibu ibu Desa Bukti Belah Gelar Pelatihan Keripik Pisang Berkualitas

Kwarta5.com Lingga - Puluhan Ibu rumah tangga Desa Bukti Belah Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, mendapatkan pelatihan pembuatan keripik pisang yang berkualitas dan berdaya jual tinggi, Jum'at (30/8/2019) di Balai Desa Bukit Belah.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk memanfaatkan kebun pisang milik Bumdes Bukit Belah untuk  diolah menjadi tepung pisang serta olahan lainya dan nanti peran Bumdes memproduksi aneka olahan tepung pisang menjadi olahan produk makanan untuk di pasarkan di Kabupaten Lingga dan wilayah lain, sebagai rencana cikal bakal icon Desa Wisata di Bukit Belah Kec Singkep Barat.

Turut hadir dua Narasumber Nasional dengan jam terbang lebih Dari 700 instansi Dari Aceh Hingga Papua yang berasal Dari Mobisa His Teknologi Kota Tangerang Selatan dan Batam Bapak Heru, Bapak Cefi dan ibu wiwik,Kasi TTG DPMD Samsua Deansyah,Sekcam Singkep Barat,BPD,Ketua BUMDES,serta Ibu-ibu PKK Desa Bukit Belah.

Pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi ibu-ibu ini diberikan oleh  Pemkab Lingga melalui Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) sebagai upaya untuk terus melahirkan pengusaha kecil  di wilayah Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas DPMD Dodi Suhendra, saat membuka pelatihan tersebut mengemukakan, menurut data potensi yang ada di Kecamatan Lingga bahan baku pisang masih melimpah dan mudah dijumpai. Melalui pelatihan ini diharapkan muncul enterpreneur-enterpreneur baru penghasil produk khas Kabupaten Lingga.

“Bahan baku yang melimpah ini kalau diolah dengan baik menjadi aneka camilan akan meningkatkan nilai jualnya. Fasilitasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam menciptakan peluang usaha yang masih bisa dikerjakan di rumah,” jelas Dody

Pelatihan hari ini merupakan awal dari sederet pelatihan-pelatihan dan fasilitasi lainnya. Akan ada monitoring dan evaluasi secara berkala bagi para peserta untuk mengetahui seberapa besar motivasi dan komitmen mereka dalam berwirausaha.

“Kedepan kami akan lihat siapa saja dari puluhan ibu-ibu ini yang mempunyai semangat wirausaha. masih banyak pelatihan lainnya seperti pelatihan packaging, pemasaran online dan fasilitasi legalitas usaha, yang semua itu dibutuhkan pada tumbuh kembang sebuah IKM yang berhasil,” Tutup Dodi

(Iwan)
Powered by Blogger.