Dinas Kebudayaan Lingga Buka Semarak Lomba Di Museum Linggam Cahaya

Kwarta5.com Lingga - Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga membuka semarak lomba tahun 2019 yang diikuti oleh SMA/ SMK Se-Kabupaten Lingga di Linggam Cahaya. Selasa (30/7/2019). Macam-macam perlombaan yang diadakan Dinas Kebudayaan ini yakni lomba cipta puisi, lomba baca puisi dan juga lomba film pendek.

Kadis Kebudayaan Kabupaten Lingga Datuk M. Ishak dalam kata sambutan nya berharap semoga dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan aktifitas kepada museum itu sendiri dan kepada anak-anak yang mengikuti lomba tersebut.

“Alhamdulillah berterimakasih banyak kami kepada Kepala sekolah dan guru karena telah ikut bekerjasama dan telah berunding sebelumnya agar kegiatan ini bisa kita laksanakan dan dapat melibatkan anak-anak kita” tuturnya

Dikatakan Datuk M. Ishak, kegiatan bermuatan lokal ini ialah merupakan kegiatan yang pertama kali dan satu-satunya dilaksanakan di Provinsi Kepualauan Riau yakni di Kabupaten Lingga ini.

Dia juga menyebutkan, Dinas Kebudayaan Lingga juga terus mengajukan permainan rakyat gasing sebagai warisan tak benda yang berasal dari Kabupaten Lingga.

“Selain daripada itu kita juga berencana membangun museum ketiga yang ada di Kabupaten Lingga yakni di daerah KecamatanSelayar bekas tapak bangunan peninggalan Belanda” tuturnya.

“Jadi insyaallah nama museum itu akan kita beri nama Museum Bahari” tambahnya lagi.

Wakil Bupati Lingga M Nizar pada kesempatan itu juga menyampaiakn rasa terimakasih kepada Dinas Kebudayaan yang telah mampu mengadakan kegiatan yang juga sejalan dengan visi Kabupaten Lingga.

“Terimakasih sekali kami ucapkan kepada Dinas Kebudayaan sebab telah melaksanakan kegiatan ini sejalan dengan visi Kabupatenn Lingga yakni MENJADIKAN LINGGA SEBAGAI PUSAT SUMBER DAYA KELAUTAN MENUJU MASYARAKAT MAJU, SEJAHTERA, AGAMIS DAN BERBUDAYA” tutur M. Nizar saat memberikan sambutannya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Lingga ini, bahwa kedepan Kabupaten Lingga akan mebangun Museum ke-tiga yang ada di Kabupaten Lingga.

“Insyaallah akan ada penambahan museum lagi, selain Museum Linggam Cahaya, Museum Timah Singkep juga akan ada Museum Bahari yang rencananya akan dibangun di Kecamatan Selayar” sebut Nizar.

Diketahui, adapun perlombaan yang telah sudah dipertandingkan dalam semarak lomba 2019 ini yakni lomba film pendek yang dimenangi oleh SMA N 1 Singkep sebagai juara  ke-1, dsusul SMA 1 Lingga sebagai juara ke-2 dan, juara ke-3 juga diperoleh SMA N 1 Singkep.

Nizar berharap semoga dengan kegiatan yang mengandung muatan lokal ini dapat dilakukan terus menerus sehingga dapat mencari dan menghasilkan cikal bakal yang akan menjadi pengganti serta penerus dikemudian hari.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Lingga, Kadis Kebudayaan, Kadis Pariwisata, Kepala BPS Lingga, Ketua MUI,  Ketua GOW Lingga, perwakilan pimpinan OPD serta tamu undangan dan tokoh masyarakat Lingga.

(Ril)
Powered by Blogger.