Turbin Mesin PLTG PT MEB Rusak, Bright Masih Melakukan Pemadan

Kwarta5.com Batam - Kerusakan pada power turbin dari satu diantara mesin Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Panaran, mengakibatkan suplai listrik di Batam mengalami penurunan. Hal itu pula yang menyebabkan bright PLN Batam melakukan pemadaman sementara di sejumlah wilayah di Batam. Jum’at (12/4/2019).

Manager Operasi PT Mitra Energy Batam (MEB) di PLTG Panaran, Benediktus Lilik Arie Susetyo menjelaskan kerusakan di PLTG terjadi pada mesin power turbin dan gas generator.

“Karena power turbin dan gas generator rusak, akibatnya suplai listrik Batam jadi menurun. Kerusakan ini sedang kami lakukan perbaikan,” ujar Arie kepada wartawan, di kantor MEB lokasi PLTG Panaran,

 Arie menyebut MEB tengah memesan spare part mesin power turbin dan gas generator dari luar negeri. Hal itu sebagai upaya perbaikan agar listrik kembali normal.

“Pemesanan (power turbin) sudah kita lakukan, jadi tinggal menunggu penggantinya saja,” katanya.

Arie mengatakan jika semua masalah kerusakan di PLTG sudah selesai perbaikan, pihaknya segera menyuplai listrik ke Batam secara normal.

“Listrik akan normal lagi kalau semua sudah pulih. Lain dengan ada pemeliharaan rutin berkala, itu beda,” ucap Arie.

General Manager Generation & Transmission PLN Batam Mohammad Nasir menyebut pemadaman sementara terjadi karena cadangan daya menipis karena adanya kerusakan salah satu mesin pembangkit di PLTG Panaran.

Saat ini PLN Batam sudah mengambil langkah cepat agar proses perbaikan di mesin pembangkit segera pulih.

“Seperti yang dijelaskan pak Arie tadi ya, kita perkirakan tanggal 24 April nanti sistem sudah pulih kembali,” kata Nasir


(torkis)
Powered by Blogger.