Bupati Karimun Aunur Rofiq Memimpin Rapat Koordinasi Terkait Gas LPG 3 kg


Bupati Karimun Aunur Rofiq Memimpin Rapat Koordinasi Terkait Gas LPG 3 kg

Bupati Karimun Aunur Rafiq, Memimpin Rapat Koordinasi Terkait  kelangkaan Gas LPG 3 Kg, Selasa (5/9/2023).

Kwarta5.com Karimun,-
Bupati Karimun Aunur Rafiq, Memimpin Rapat Koordinasi Terkait  kelangkaan Gas LPG 3 Kg di Kabupaten Karimun yang diadakan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral , di Ruang Rapat Cempaka Putih , Selasa (5/09/2023).

 Di kabupaten karimun Ada 5 Perusahaan Penyalur Gas LPG 3 kg , yaitu :

1. PT. BINTANG ABADI SEJAHTERA

2. PT. CIPTA NUSA INDONESIA 

3. PT. LESTARI CIPTA PRIMA SAKTI

4. PT. PETROMAS JAYA ABADI

5. PT. PRIMA JAYA SUKSES

 Adapun Permasalahan atau kondisi gas LPG 3 kg saat ini di pulau Karimun 

1. Jumlah pangkalan gas LPG 3 kg sebanyak 137 pangkalan diluar pulau Karimun dan 338 pangkalan khusus pulau Karimun sehingga dengan total keseluruhan 475 pangkalan.

2. Masih sering terjadi kelangkaan atau kekosongan di pangkalan sehingga masyarakat sering mengeluh akan situasi ini.

Beberapa hal yang menyebabkan keperluan gas 3 kg semakin  meningkat di karimun yaitu, 

Jumlah usaha mikro semakin meningkat, dengan demikian kebutuhan akan sangat meningkat drastis.

Peningkatan nilai modal usaha yang menjadi kategori usaha mikro.

Masyarakat mampu juga turut serta menjadi pengguna gas LPG 3 Kg.Panic buying sehingga masyarakat menyediakan stock lebih de tabung dirumahnya, hal ini mempengaruhi perputaran tabung akan diisi ulang.

 Isi ulang tabung kosong berada di Tg. Uban sehingga butuh waktu isi ulang 4 sampai dengan 5 hari agar dapat distribusi tabung isi kepangkalan.

Tabung rusak saat ini yang ada di kelima perusahaan sebanyak 28 LO atau 15.680 tabung sehingga ini sangat mempengaruhi jumlah perputaran tabung yang akan diisi ulang.

Sebagai  solusi hadil rapat tersebut.yang   yaitu, Pengoperasian SPBE yang ada saat int sesegera mungkin sehingga memutus jarak yang meniadi kendala saat ini dan harga di Pulau Karimun besar juga akan menurun.

PT. Pertamina Patra NiagaMOR I SAM Ritel Kepri harus SEGERA memperbaiki atau mengganti tabung rusak yang ada saat ini yaitu sebanyak 28 LO sehingga sirkulasi tabung akan semakin banyak.

Pendataan ulang secara seluruh usaha mikro yang ada saat ini sesuai jenis usaha dan kebutuhan gas 3 kg setiat bulannya serta pendataan kriteria usaha mikro. Sajirun s.

Lebih baru Lebih lama