Bapenas Luncurkan Bazar Gerakan Pangan Murah di Karimun


Bapenas Luncurkan Bazar Gerakan Pangan Murah di Karimun

Badan Pangan Nasional (Bapanas) meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di 342 titik untuk 301 Kabupaten/Kota se-Indonesia, Senin (26/6). Foto: Sz
Kwarta5.com Karimun,- Badan Pangan Nasional (Bapanas) meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di 342 titik untuk 301 Kabupaten/Kota se-Indonesia, Senin (26/6/2023).Di Kabupaten Karimun, GPM dipusatkan di halaman parkir eks Gedung Grapari Jl.A.Yani Kolong. Berbagai kebutuhan pokok dijual lebih murah dari harga pasar ini, dibuka pukul 08.00 WIB.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini, dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq. Bazar Pangan Murah disejalankan dengan penyerahan bantuan pangan berupa beras 10 kilogram untuk 12.157 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kab.Karimun Sukriyanto Jaya Putra mengatakan, beberapa jenis sembako yang dijual di bazar dipastikan lebih murah dari harga pasaran.

“Kami sudah melakukan survei ke pasar sebelum menentukan harga jual. Seperti contoh, beras medium di pasar harganya Rp10.000 hingga Rp12.500 perkilo, di sini kami jual dengan harga Rp8.500 perkilonya. Beras premium kisaran harga Rp12.500 hingga Rp14.000, kami jual dengan harga Rp12.000 perkilo,” jelasnya.

Ia menambahkan, ada juga daging sapi beku yang dijual Rp105.000 perkilo, dibazar murah dijual dengan harga Rp95.000 perkilo, dan telur ayam ras yang harga pasarannya Rp56.000 per papan, dijual dengan harga Ro53.500 di bazar sembako murah.

“Jenis sembako lainnya yang dijual di bazar murah yakni, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, mie instant, serta sayuran. Pastinya banyak lagi dengan harga lebih murah dari pasaran,” tambahnya.

Menurut Syukri, kegiatan bazar sembako murah ini akan kembali dilaksanakan di Pulau Kundur dalam waktu dekat.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq yang turut hadir dalam acara bazar tersebut mengatakan, kegiatan GPM merupakan program nasional dalam pengendalian inflasi di daerah.

“Kegiatan ini merupakan program nasional pengendalian inflasi di daerah. Selain itu kegiatan ini juga sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat mendapatkan sembako murah menjelang Hari Raya Idul Adha,” ucapnya.

Sajirun s.

Lebih baru Lebih lama